Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Kawasan Pemukiman Kumuh Kota Palopo Berbasis Web

R Mustaring, Heliawaty Hamrul, Saddang Saputra, Fajar Novriansyah Yasir

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat rancang bangun sistem informasi geografis kawasan permukiman kumuh Kota Palopo berbasis web sebagai solusi dari permasalahan pada lokasi penelitian. Mulai pada tahap pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka lalu kemudian proses merancang interface dan basis data sistem, dan membuat sistem sesuai dengan perancangan yang telah dibuat serta mengeimplemntasikan sistem yang telah di buat dan melakukan pengujian pada sistem. Bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun website adalah PHP dan menggunakan basis data MySQL. Sementara pembuatan diagram digunakan Unified Modelling Language (UML), dan perancangan interface menggunakan aplikasi Balsamiq Mockups 3. Adapun software pendukung lainnya adalah Sublime Text sebagai text editor dan Xamp sebagai web server dan Google Chrome sebagai web browser. Metode pengujian sistem yang digunakan yakni black box testing yang berfokus pada hasil eksekusi dan fungsionalitas website. Pengembangan sistem yang penulis gunakan yaitu metode research and development yang mengacu pada model waterfall. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa website Sistem Informasi Geografis kawasan permukiman kumuh Kota Palopo telah layak digunakan dan sudah sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan.

Full Text:

Untitled

References


R. Nursyahbani and B. Pigawati, “Kajian Karakteristik Kawasan Pemukiman Kumuh di Kampung Kota (Studi Kasus: Kampung Gandekan Semarang),” J. Tek. PWK, vol. 4(2), pp. 267–281, 2015.

A. A. Salam, F. Adiyat, M. Nasiruddin, and S. Aditya, “Sistem Informasi Geografis Pemetaan Perguruan Tingi di Kabupaten Cirebon,” J. Sarj. Tek. Inform., vol. 1(1), 2016.

P. H. Parsaorantua, Y. Pasoreh, and S. A. Rondonuwu, “Implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi (Studi Tentang Web E-government di Kominfo Kota Manado),” J. Acta Diurna, vol. 6(3), 2017.

M. Suhartanto, “Pembuatan Website Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Delanggu Dengan Menggunakan PHP dan MySQL,” Speed-Sentra Penelit. Eng. dan Edukasi, vol. 4(1), 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.