Rancang Bangun Prototype Sistem Monitoring Ketinggian Air Sungai Berbasis Mikrokontroler Arduino dan SMS Gateway Sebagai Upaya Deteksi Banjir Secara Dini (Mitigasi Banjir)

S R Halim, Bobby Poerwanto, Ichwan Muis, Fitrah Eka Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototype rancangan sistem monitoring ketinggian air sungai berbasis mikrokontroler arduino dan sms gateway sebagai upaya deteksi banjir secara dini (mitigasi banjir), dimana nantinya sistem ini dapat membantu petugas pengawas untuk memantau ketinggian air pada sungai. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development (R&D) yang mengembangkan sistem monitoring ketinggian air sungai dengan pengembangan berupa prototype. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika sensor mendeteksi ketinggai air pada level tertentu LED akan menyala, buzzer akan berbunyi dan module sim akan mengirimkan pesan sms sesuai dengan ketinggian level yang di deteksi oleh sensor ultrasonik. Alat yang dibuat ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan sistem yang dibuat adalah mudah untuk digunakan, dan mudah untuk dibangun . Kelemahan sistem ini adalah sistem tidak dapat bekerja tanpa adanya daya pada rangkaian sistem, sistem harus didiamkan beberapa menit saat pertama kali sistem diaktifkan karena module sim membutuhkan waktu untuk bekerja, serta komponen-komponen pembangun yang tidak mudah ditemukan di lingkungan sekitar.

Full Text:

Untitled

References


N. Siti, “Sistem Monitoring Tinggi Muka Air Pada Sungai Berbasis Mikrokontroler dan Website Geographic information System (WebGIS),” J. Inform. SIMANTIK, vol. 1(2), p. 39, 2016.

Tenggono, Yovan, E. Kusuma, and Willy, “Sistem Monitoring Dan Peringatan Ketinggian Air Berbasis Web dan SMS Gateway,” J. STMIK PalComTech, vol. 5, no. 2, 2015.

Sulistyowati, Zahra, and Teguh, “Sistem Pendeteksi Banjir Berbasis Sensor Ultrasonik dan Mikrokontroller dengan Media Komunikasi SMS Gateway,” J. Tek. ITS, vol. 6, no. 2, 2015.

Hadi, Danang, and Dimas, “Iot Cloud Data Logger Untuk Sistem Pendeteksi Dini Bencana Banjir Pada Pemukiman Penduduk Terintegrasi Media Sosial,” J. Edukasi Elektro, vol. 1, no. 2, 2017.

Fauzan and H. Winarno, “Pendeteksi Ketinggian Level Air Dengan Tampilan Lcd Berbasis Mikrokontroller Atmega 8 Serta Led Buzzer Dan Seven Segment Sebagai Peringatan Dini Kenaikan Air Pasang (Rob) Berbasis Programmable Logic Controller Cp1e-E40dr-A,” J. Gema Teknol., vol. 17(1), p. 22, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.