Rancang Bangun Media Pembelajaran Mata Kuliah Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PPKn

Abdul Zahir, Julianto Julianto, Nirsal Nirsal

Abstract


Penelitian “Rancang Bangun Media Pembelajaran Mata Kuliah Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PPKn ”bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah media pembelajaran pada mata kuliah Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PPKn. Proses pembelajaran yang selama ini masih konvensional dengan metode ceramah dan powerpoint yang dilakukan oleh dosen pengampu mata kuliah dianggap kurang efektif. Dengan adanya media pembelajaran diharapkan proses belajar mengajar bias berlangsung secara efektif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode Research and Development (R&D), metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, pengujian, dan dokumentasi. Media pembelajaran ini menggunakan storyboard yang digunakan untuk memberikan gambaran alur pembuatan dan penggunaan media telah dibangun dan akan dijadikan acuan bagi programmer dalam membuat aplikasi atau media. Perancangan media ini menggunakan Corel Draw X7 dan Microsoft office 2010. Pembuatan media ini menggunakan software Macromedia Flash 8. Penelitian ini menggunakan rancang blackbox testing. Hasil dari penelitian ini diimplementasikan kedalam bentuk dekstop.

Full Text:

PDF

References


Maimunah. “MetodePenggunaan Media Pembelajaran.” Jurnal Al-Afkar. Vol. 5(1): 1-24. 2016.

Mawaddah, U., &Fauzi, M. “SistemPendukung Keputusan untuk Menentukan Dosis Obat pada Anak Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus di Klinik Dokter Umum Karanggayam - Srengat)”. Jurnal Antivirus. Vol 12(1): 1–10. 2018.

Mustaqbal. M. S. Firdaus. R. F. dan Rahmadi. H. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. Vol. I(3): 31–36. 2015.

Rahmawati, Y., Widodo, J., &Susilaningsih, E. Metode Outdoor Learning Dalam Menggambar Bentuk Berbasis Panduan Kinerja Siswa. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 5(1), 57-63.2016.

Zahir, A. Pengembangan Media Pembelajaran Live Streaming Pengetahuan Komputer Berbasis Website. d'ComPutarE: Jurnal Ilmiah Information Technology, 9(2), 1-7.2020.

Sartika, Yopi. Ragam Media Pembelajaran Adaptif Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Relasi Inti Media Group. 2015.

Suryadi, Andri. Membuat Media Pembelajaran Untuk Pemula. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera. 2015.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.