Desain Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Jenis-Jenis Kendaraan

Alim Surya Saruman, Suhardi Suhardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran pengenalan jenis-jenis kendaraan dalam Bahasa Inggris berbasis desktop. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research and Development (R&D) model waterfall. Aplikasi media pembelajaran dirancang berbasis desktop menggunakan storyboard yang digunakan untuk memberikan gambaran alur pembuatan dan penggunaan aplikasi yang dibangun dan dijadikan acuan bagi programmer dalam membuat aplikasi. Perancangan aplikasi ini menggunakan Microsoft Visio 2010. Pembuatan aplikasi menggunakan software Macromedia Flash 8 dan software CorelDraw X7 sebagai pengolah atribut. Penelitian ini menggunakan rancang blackbox testing. Hasil dari penelitian ini diimplementasikan kedalam bentuk Compact Disc (CD). Aplikasi dilengkapi dengan teks, gambar, audio dan animasi serta soal latihan yang bervariasi. Kekurangan dari aplikasi ini yaitu terdapat pada kecepatan sistem audio saat menjelaskan suatu kendaraan, tidak disertakan video kendaraan dan media yang dibuat hanya berbasis desktop sehingga perlu laptop untuk menjalankannya.

Full Text:

PDF

References


Buchari, M. Z., Sentinuwo, S. R., & Lantang, O. A. 2015. Rancang Bangun Video Animasi 3 Dimensi untuk Mekanisme Pengujian Kendaraan Bermotor di Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata, Komunikasi dan Informasi. Jurnal Teknik Informatika Universitas Sam Ratulangi. (Online) 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id. Diakses 14 Oktober 2020.

Dewi, G. P. F. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dalam Bahasa Inggris sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas teknik Universitas Negeri Yogyakarta, (Online). http://core.ac.uk. Diakses 14 Oktober 2020.

Djapri, U.F.A.F. 2016. Aplikasi Pembelajaran Bagian Tubuh Manusia untuk Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar Berbasis Multimedia (Studi Kasus: Sd Ar-rafi). eProceedings of Applied Science, (Online) 2(3).

http://telkomuniversity.ac.id. Diakses 14 Oktober 2020.

Eryanti, E., Siahaan, A.U., & Maria, M. 2018. Media Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pengenalan Anggota Tubuh Berbasis Multimedia Interaktif. Journal of Digital Education, and arts, (Online), 1(1).

http://journal.polibatam.ac.id. Diakses 14 Oktober 2020.

Fatmawati, S. 2015. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Doctoral dissertation, Universital Negeri Semarang. (Online), http://lib.unnes.ac.id. Diakses 14 Oktober 2020.

Maesaroh, S., & Malkiah, N. 2015. Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Inggris Pengenalan Huruf & Membaca Berbasis Multimedia untuk Sekolah Dasar. Jurnal Sisfotek Global, 5(1).

Mustaqbal, dkk. 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Blackbox Testing Boundary Value Analysis (studi kasus: aplikasi prediksi kelulusan SNMPTN). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan. 1(3): 31-3


Refbacks

  • There are currently no refbacks.