Rancang Bangun Sistem Pelayanan Administrasi Desa Menggunakan Android Studio dan Database Firebase

Risna Sari, Asri Asri, Budyanita Asrun

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah aplikasi pelayanan Administrasi desa menggunakan android studio dan database firebase dan di implementasikan dalam bentuk program seperti rancangan yang telah dibuat. Penelitian ini dilakukan di Kantor Desa Malewong karena melihat kondisi kantor desa yang jauh dari pemukiman penduduk dan akses jalan menuju kantor desa bisa dikatakan tidak baik. Selain itu kebijakan pemerintah tentang PPKM membuat masyarakat desa malewong yang berdomisili di luar desa menjadi sulit untuk mendapatkan pelayanana dministrasi di kantor desa. Tujuan yang ingin dicapai yaitu membuat sebuah aplikasi yang dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan administrasi desa tanpa harus kekantor desa dengan bermodalkan jaringan internet. Metode penelitian yang dilakukan pada sistem ini yaitu menggunakan metode waterfall dimana tahapan pertama yaitu communication atau pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan studi pustaka. Kemudian planning dimana merancangan sistem yang akan dibuat. Modeling rancangan struktur data, tampilan interface dan coding program. Construction atau pembuatan dimana aplikasi ini dibuat menggunakan software bantuan Android Studio, database firebase, Adobe XD untuk tampilan interface. Pengujian sistem yang digunakan pada aplikasi ini yaitu pengujian white-boxtesting digunakan untuk mengecek apakah tidak ada kesalahan logika dalam aplikasi ini. Hasil yang diharapkan dari penelitian ini dapat bermanfaat dan digunakan dengan baik oleh pihak kantor desa dan masyarakat setempat


Full Text:

PDF

References


I. KUSUMA, Perancangan & Pembuatan Aplikasi Sistem Informasi Layanan Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Android. 2017.

E. Khoirunningsih, “Pengembangan Sistem Informasi Kearsipan Berbasis Mobile Application Di Dinas Komunikasi Dan Informatika,” 2018.

I. M. Agung, “Memahami Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Psikologi Sosial,” PsikobuletinBuletin Ilm. Psikol., vol. 1, no. 2, pp. 68–84, 2020, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Psikobuletin/article/view/9616/5058.

Fajriyah, A. Josi, and T. Fisika, “Rancang Bangun Sistem Informasi Tender Karet Desa Jungai Menggunakan Metode Waterfall,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 6, no. 2, p. 111, 2017, doi: 10.32736/sisfokom.v6i2.256.

Fransiska Dika Mega Rosita, “Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Keluhan Jaringan dan Komputer Berbasis Website pada Dinas Komunikasi dan Informatika Tangerang,” widuri, 2018. https://widuri.raharja.info/index.php?title=SI1512490417 (accessed Mar. 23, 2021).

A. Fatoni and D. Dwi, “Rancang Bangun Sistem Extreme Programming Sebagai Metodologi Pengembangan Sistem,” Prosisko, vol. 3, no. 1, pp. 1–4, 2016, [Online]. Available: http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/116.

F. Piliang and N. Sariana, “Rancang Bangun Aplikasi Pemesanan Desain Jersey Berbasis Androud dengan Menggunakan Teknologi Firebase (Studi Kasus : Konfeksi Minister),” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. 2, no. 2, 2020.

Kuliah komputer, “Metode Waterfall Menurut Pressman 2015,” Kuliahkomputer. p. 45, 2018, Accessed: Apr. 15, 2021. [Online]. Available: http://www.kuliahkomputer.com/2018/09/metode-waterfall-menurut-pressman-2015.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.