Implementasi Sistem Replikasi Database Terdistribusi pada Server Sistem Informasi Data Wisuda Universitas Cokroaminoto Palopo

Vicky Bin Djusmin, Wisnu Kurniadi, Fajar Novriansyah Yasir

Abstract


Replikasi adalah suatu teknik untuk melakukan copy dan pendistribusian data dan objek-objek database dari satu database ke database lain dan melaksanakan sinkronisasi antara database sehingga konsistensi data dapat terjamin. Selain itu keamamanan database dapat terjamin. database data direcovery kembali jika pada server utama mengalami kerusakan. Untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan data maka perlu dilakukan tindakan preventif pengamanan data pada database dengan metode replikasi.

Penelitian ini mengimplementasikan antara server master dan slave yang saling berhubungan dalam jaringan komputer dengan tujuan agar update data pada server master selalu melakukan backup data pada komputer server slave. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data secara berkala terbackup  pada komputer server slave. Proses sikronisasi data dapat dilakukan dengan cepat dan update. Replikasi database yang dilakukan telah meningkatkan akses dan keandalan data.


Full Text:

PDF

References


A. Mubarak, A. Lawi, and M. Niswar, “Sistem Replikasi Basisdata Terdistribusi Untuk Data Center,” pp. 1–14, 2012.

D. Muh Hidayat, Isnawaty, and Subardin, “Perancangan dan Implementasi Sistem Replikasi Database Terdistribusi pada Fakultas Teknik Universitas Halu Oleo,” semanTIK, vol. 4, no. 2, pp. 91–98, 2018.

R. Chadzami, “Implementasi Sistem Penjualan Alat Olah Raga Menggunakan Basis Data Terdistribusi Dengan Metode Replikasi Asynchronous ( Studi kasus Toko Yos Sport Yogyakarta ),” Univ. Technol. Yogyakarta, pp. 1–8, 2019.

Sarintan Kaharu Sarinta and Oki sakina, “Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Akademik PADA TK AL-HIDAYAH LOLU,” Peranc. Sist. Inf. Pengolah. Data Akad. Pada TK Al-Hidayah Lolu, vol. 2, no. 1, 2016.

F. N. Lenti, “REKAYASA DATABASE TERDISTRIBUSI PADA LAYANAN PEMESANAN TIKET PESAWAT TERBANG,” J. Teknol. TECHNOSCIENTIA, vol. 6, pp. 129–134, 2014.

A. Noraziah, A. A. C. Fauzi, M. Deris Mat, M. Y. M. Saman, N. M. Zain, and N. Khan, “Managing educational resource-student information systems using BVAGQ fragmented database replication model,” Procedia - Soc. Behav. Sci., vol. 28, pp. 127–132, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.