IDENTIFIKASI BATUAN GRANIT KECAMATAN SENDANA KOTA PALOPO MENGGUNAKAN METODE GEOLISTRIK TAHANAN JENIS (RESISTIVITY)

Baso Usman, Baccong Baccong, Rahma Hi. Manrulu, Aryadi Nurfalaq

Abstract


Telah dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi batuan granit Kecamatan Sendana Kota Palopo dengan menggunakan metode geolistrik tahanan jenis konfigurasi Schlumberger. Metode geolistrik tahanan jenis merupakan salah satu dari kelompok metode geofisika yang digunakan untuk mempelajari keadaan bawah permukaan dengan cara mempelajari sifat aliran listrik di dalam batuan di bawah permukaan bumi. Metode geolistrik tahanan jenis dilakukan dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam bumi melalui dua elektroda arus dan potensialnya diukur melalui dua elektroda potensial. Bila arus listrik diinjeksikan ke dalam suatu medium dan diukur beda potensialnya (tegangan), maka nilai hambatan dari medium tersebut dapat diperkirakan. Metode kerja penelitian ini yaitu dengan membuat sebuah lintasan kemudian melakukan pengukuran dengan resistivitymeter, data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan software IP2Win untuk mendapatkan gambaran struktur bawah permukaannya. Hasil interpretasi menunjukkan bahwa lapisan bawah permukaan kecamatan Sendana Kota Palopo didominasi oleh batuan lempung pada kedalaman yang rendah dan didominasi oleh batuan yang memiliki nilai tahanan jenis tinggi pada kedalaman yang tinggi. Batuan ini merupakan batuan terobosan berupa batuan beku seperti granit.

Kata kunci: Bawah permukaan, geolistrik, konfigurasi schlumberger

Full Text:

Untitled

References


M. Edwin, A. Maulana, Kaharuddin,”Petrologi dan Geokimia Batuan Granitik Daerah Buttu Conggo Kecamatan Polewali Kabupaten Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat: Implikasinya terhadap Keberadaan Unsur Radioaktif,” Prosiding Seminar Nasional Geofisika 2014, Universitas Hasanuddin Makassar, 2014.

N. Prasetyo,”Potensi Bahan Galian Granit Daerah Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah,” Jurnal Ilmiah MTG, Vol. 3, No. 2, Juli, 2010.

A. Nurfalaq,”Pemodelan Struktur Batuan Bawah Permukaan Daerah Bua’e Kabupaten Sidrap Menggunakan Metode Geolistrik Tahanan Jenis,” Jurnal d’ComPutarE, Vol 6 Edisi Januari, 2016.

W.M. Telford, L.P. Geldart, R.E. Sheriff, Applied Geophysics. Cambridge: University of Cambridge, 1990.

J.M. Reynolds, An Introduction to Applied and Environmental Geophysics. New York: John Wiley and Sons Ltd, 1997.

Djuri, Sudjatmiko, S. Bachri, Sukido. Peta Geologi Bersistem, Indonesia Lembar Majene dan Bagian Barat Kota Palopo, Sulawesi Edisi Kedua Skala 1:250.000. Bandung: Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi, 1998.

A. Nurfalaq, R.H. Manrulu,” Invertigasi Penyebaran Lapisan Pembawa Emas Menggunakan Metode Geolistrik Resistivity di Kelurahan Latuppa,” Prosiding Seminar Nasional, Vol. 2, No. 1, 2016.

M.H. Loke, Tutorial: 2-D and 3-D Electrical Imaging Surveys. Penang: Geotomo, 2004


Refbacks

  • There are currently no refbacks.