KUIS INTERAKTIF TIPE PILIHAN GANDA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI SISWA

Arda Arda, Hasbi Hasbi, Nur Asmi Rahmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa kuis interaktif tipe pilihan ganda khususnya materi energi dan usaha. Energi dan usaha merupakan materi pada mata pelajaran IPA Fisika SMP kelas VIII. Pengembangan dilakukan dengan menggunakan Macromedia flash 8. Kuis interaktif tipe pilihan ganda ini dapat menjadi alternatif bagi siswa dalam belajar fisika baik secara mandiri maupun kelompok. Adanya kuis interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: Kuis interaktif, pilihan ganda.

Full Text:

Untitled

References


Chaeruddin. 2004. Media Membantu Mempertinggi Mutu Proses Belajar. Buletin Perbukuan Depdiknas. Jakarta.

Koesnandar, Ade. 2005. Guru dan Media pembelajaran. Melalui http://www.pustekkom.go.id/teknodik/t13/isi.htm#5.

Fitria, L. 2011. Media Pembelajaran Interaktif Sesuai Rencana Program Pembelajaran untuk Kelas 1 SDN Bantul Manunggal. Melalui http://repository.amikom.ac.id/files/PUBLIKASI07.11.1698.pdf.

Canipe, J. B. dan Forgeson, D. L. 2006. The Literature of Self-Directed Learning: Dissertation. International Journal of Self-directed Learning 3 (2): 34-44.

Pratiwi, I. dan Widayati, A. 2012. Pembelajaran Akuntansi Melalui Reciprocal Teaching Model untuk Meningkatkan Penguasaan dan Kemandirian Belajar dalam Materi Mengelola Administrasi Surat Berharga Jangka Pendek Siswa Kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia X (2): 133-152.

Hardianto, D. 2003. Mendesain Komputer Sebagai Media Alternatif Belajar Mandiri. Melalui: http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Deni%20Hardianto,%20M.Pd./Mendesain%20Komputer%20Sebagai%20Alternatif%20Belajar%20Mandiri.pdf.

Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Research. An Introduction (4th ed.). Longman. New York.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.