MEDIA PEMBELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI BERBASIS WEBSITE PADA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI MUHAMMADIYAH PALOPO

Freggi Soegri

Abstract


Metode pembelajaran yang dilakukan di kampus atau lembaga pendidikan yang lain secara umum menggunakan metode konvensional dan belum memanfaatkan IPTEK secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran yang sudah ada, yaitu membuat media pembelajaran yang lebih interaktif pada Mata Kuliah Pengantar Akuntansi sehingga dapat memberikan efisiensi dan efektivitas waktu baik bagi dosen pengampuh maupun mahasiswa. Media pembelajaran yang digunakan adalah Macromedia Flash berbasis website.
Aplikasi yang digunakan untuk membuat program adalah Macromedia Flash, dengan menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, Exampp, Mysql, dan perangkat lunak tambahan Mozilla dan Format Factory. Perancangan desain menggunakan perancangan Unified Modeling Languange (UML) meliputi model diagram use case, diagram sequence, diagram activity, dan diagram class.
Berdasarkan hasil implementasi dan pengujian sistem dengan menggunakan black box terbukti bahwa pembuatan media pembelajaran pengantar akuntansi berbasis website pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Muhammadiyah Palopo adalah complete, yaitu tidak terdapat kesalahan proses dan hasil yang diperoleh sesuai dengan yang diharapkan.

Kata kunci : media pembelajaran, macromedia flash, website, UML, pengantar akuntansi, black box.

Full Text:

Untitled

References


Yudhiantoro, Dhani. 2006. Macromedia Flash Professional 8. Andi. Yogyakarta.

Kadir, Abdul. 2012. Dasar Pemrograman WebDinamis Menggunakan PHP. Andi. Yogyakarta.

Wahana. 2011. Mastering CMS Programming With PHP dan Mysql. Andi. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.