IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH ANALISIS VEKTOR

Ary Herlina Kurniati HM

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan apa adanya tentang aktivitas dan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran Analisis Vektor. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V tahun akademik 2018/2019. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study pada materi vektor yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) ,dan refleksi (see) yang memfokuskan pada aktivitas dan kemampuan mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengamati peningkatan aktivitas dan kemampuan mahasiswa pada setiap siklus. Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) merumuskan kemampuan mahasiswa, (b) melakukan pengamatan subjek penelitian, (c) melakukan pengambilan data, (d) melakukan analisis data, (e) melakukan pembahasan hasil analisis, (f) melakukan penarikan kesimpulan hasil penelitian. Hasil yang dicapai pada penelitian ini adalah (1) Aktivitas mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif melalui lesson study pada matakuliah analisis vektor semakin meningkat, dan (2) Kemampuan mahasiswa dalam mengerjakan masalah mengalami peningkatan.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Lesson Study, Aktivitas, Analisis Vektor.

Full Text:

Untitled

References


Ali Mahmudi. 2009. Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study. Jurnal Forum Kependidikan FKIP UNSRI, Vol.28, No. 2, ISSN 0215-9392.

Ibrahim, M. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Mulyana, Slamet. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP-Jawa Barat

Purwati & Supandi. 2012. Meningkatkan Kompetensi dan Profesionalisme Dosen melalui Lesson Study. e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/aksioma/article

/view/42.

Ratumanan, T. G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: University Press.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice 2nd Edition. Massachusetts: Allyn and Bacon.

Sudrajat, Akhmad. 2008. Lesson Study untuk Meningkatkan Mutu Proses dan Hasil Pembelajaran. Jurnal EQUILIBRIUM, Vol. 4, No. 7, Januari-Juni 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v3i2.1190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ary Herlina Kurniati HM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.