PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN ASSERTIVENESS

Andi Jusmiana

Abstract


Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMU Negeri 1 Libureng Kecamatan Libureng Kabupaten Bone dengan pokok permasalahan yang dibahas adalah bagaimana pendekatan assertiveness pada mata pelajaran matematika khususnya pokok bahasan bentuk pangkat dan bentuk akar. Untuk menjawab permasalahan dan membuktikan hipotesis tindakan, maka penulis mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu melakukan pengajaran dengan pendekatan assertiveness dan mengambil subjek penelitian pada kelas kelas X SMU Negeri 1 Libureng Kabupaten Bone dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dan pedoman observasi. Pengolahan data akan dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif yang diperoleh selama pengamatan. Setelah pendekatan assertiveness diterapkan rata-rata hasil belajar matematika dapat dilihat bertahap. Dari siklus I nilai rata-rata adalah sebesar 63,73 dengan persentase 60% di kategorikan tuntas, 40% dikategorikan belum tuntas dan siklus II nilai rata-rata hasil belajar adalah 82,20 dengan persetase 90% dikategorikan tuntas dan 10% dikategorikan belum tuntas. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada materi bentuk pangkat dan bentuk akar yang signifikan setelah pendekatan assertiveness diterapkan pada siswa kelas X SMU Negeri 1 Libureng Kabupaten Bone.
Kata Kunci : Hasil Belajar Matematika, Pendeatan Assertiveness

Full Text:

Untitled

References


Abdullah, Gymnastiar. 2004. Refleksi untuk membangun nurani bangsa, Cet. II; Bandung: MQS Publishing.

Iqbal, Hasan M. 2003. Pokok-pokok materi statistik 2 (Statistik Inferensial), Cet. II; Jakarta: Bumi Aksara.

Paul, Ginnis. 2008. Trik dan taktik megajar : Strategi Meningkatkan Pencapaian Pengajaran Di kelas, Cet. II; Jakarta : PT Indeks.

Sudijono, Anas. 2004 Pengantar Statistik Pendidikan, Cet. XIV; Jakarta: Raja Grafindo Persada,.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Cet. VIII; Bandung:Pt. Remaja Rosdakarya, 2002.

Suherman, Eman. 2003. et al., eds., Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Edisi Revisi; Bandung: JICA- IMSTEP PROJECT.

Tiro, M.Arif. 1999. Dasar-dasar Statistika, Cet I makassar: State University of Makassar Press.

Walgito, Bimo. 2003. Pengantar Psikologi Umum, Edisi IV; yogyakarta: Andi.

Pendekatan Assertiveness. 2010. http://www.profesionalteacher.com/home/photo/carter_Lee (10 Juni 2010)

Nurgiantoro. 2010. “Assertive Disciple”, Blog Nurgiantoro. http://maxweber.hunter.cuny.edu/pub/eres/EDSPC715_MCINTYRE/Assertivedisciple.html. (10 Juni 2010)

Akhmad, Sudrajat. 2010. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik dan Model Pembelajaran (Diakses dari internet, http://www.Google.com.2010/06/10pengertianpendekatan pembelajaran).

Miguel, Bengoa. 2010. Pendekatan tegas disiplin untuk manajemen kelas, (Diakses dari internet, http://www.Google.com.2010/06/08pendekatan ketegasan)




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i1.663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Andi Jusmiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.