MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR STATISTIKA MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNCP

Baso Ali, Bobby Poerwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar statistika mahasiswa program studi teknik informatika Universitas Cokroaminoto Palopo. Penelitian ini menggunakan dua kelas yang homogen sebagai objek penelitian yang terbagi dalam kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan menggunakan bantuan media pembelajaran berbasis multimedia sedangkan kelas kontrol dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan analisis statistika deskriptif dan inferensial. Secara deskriptif, rata-rata hasil belajar statistika dasar untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing adalah 70.14 dan 61.71 dari skor ideal 100, sedangkan untuk motivasi belajar didapatkan 3.51 untuk kelas eksperimen dan 3.31 untuk kelas kontrol dari skor ideal 5. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik inferensial didapatkan bahwa hasil dan motivasi belajar pada kelas eksperimen, keduanya lebih baik atau lebih efektif secara signifikan dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diajar
menggunakan multimedia pembelajaran
Kata Kunci: Eksperimen semu, Hasil belajar, Motivasi belajar, Multimedia pembelajaran

References


Haryoko, Sapto, 2009, Efektivitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran, Jurnal Edukasi @Elektro 5(1), pp. 1-10.

Poerwanto, Bobby, 2015, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Siswa Kelas VIII6 SMP Negeri 17 Makassar. Jurnal D’Computare 6(1), pp. 12-34

Rohendi, Dedi. Sutarno, Heri. Ginanjar, Mugi A., 2010, Efektivitas Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) 3(1), pp. 16-18

Ørngreen, Rikke. Noesgaard, Signe S., 2015, The Effectiveness of E-Learning: An Explorative and Integrative Review of the Definitions, Methodologies and Factors that Promote e-Learning Effectiveness. Electronic Journal of e-Learning 13(4), pp. 278-290

Miru, Alimuddin S., 2009, Hubungan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar Mata diklat instalasi listrik siswa SMK Negeri 3 Makassar. Jurnal MEDTEK 1(1).

Suryaningsih, 2007, Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Pada Kelas VIID SMP Negeri 33 Makassar, Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Vaughan, T., 1994, Multimedia: Making it Work (2nd ed.), USA: McGraw-Hill.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/pedagogy.v2i2.704

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Baso Ali, Bobby Poerwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.