PENERAPAN REGRESI LOGISTIK DALAM MENGANALISIS FAKTOR PENYEBAB PENINGKATAN ANGKA KEMATIAN BAYI

Riska Yanu Fa'rifah, Bobby Poerwanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jumlah kematian ibu dan jumlah bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) terhadap peningkatan angka kematian bayi di Jawa Timur dari tahun 2012 hingga 2014. Metode yang digunakan dalam menganalisis faktor peningkatan angka kematian bayi adalah regresi logistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa model yang terbentuk memiliki tingkat akusasi sebesar 55,26%. Dari model yang diperoleh diketahui bahwa jumlah kematian ibu tidak memberikan dampak pada peningkatan angka kematian bayi. BBLR adalah faktor yang berpengaruh terhadap perubahan angka kematian bayi. Hal in menunjukkan bahwa setiap ada pertambahan 2 bayi lahir dengan kasus BBLR, maka angka kematian bayi meningkat sebanyak 2 per 1000 kelahiran, yaitu setiap ada 1000 kelahiran di Jawa Timur ada 2 bayi yang meninggal akibat BBLR.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2013. Surabaya: Dinas Kesehatan Jawa Timur.

Bappenas, Report on the Achievement of the Millennium Development Goals Indonesia 2010. Jakarta: Bappenas.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2014. Surabaya: Dinas Kesehatan Jawa Timur.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur 2012. Surabaya: Dinas Kesehatan Jawa Timur.

E. J. Howard, E. Harville, P. Kissinger, and X. Xiong, “The Association Between Short Interpregnancy Interval and Preterm Birth in Louisiana : A Comparison of Methods,” pp. 933–939, 2013.

W. D. Astuti, H. H. Sholikhah, and T. J. Angkasawati, “Estimasi Risiko Penyebab Kematian Neonatal di Indonesia Tahun 2007,” pp. 297–308, 2008.

M. Ekström, P. Esseen, B. Westerlund, A. Grafström, B. G. Jonsson, and G. Ståhl, “Ecological Informatics Logistic regression for clustered data from environmental monitoring programs,” Ecol. Inform., vol. 43, no. June 2017, pp. 165–173, 2018.

R. L. Ott et al., An Introduction to Statistical Methods and Data Analysis Fifth Edition. California: Thomson Learning.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.