IMPLEMENTASI ALGORITMA BACKWARD TIME CENTRAL SPACE PADA PENYELESAIAN MODEL DISTRIBUSI PANAS KOORDINAT SILINDER

Zulfiqar Busra

Sari


Model distribusi panas pada koordinat selinder dapat direpresentasikan melalui persamaan diferensial parsial. Pada penelitian ini, Finite Difference Method (FDM) dengan Skema Backward Time Central Space (BTCS) diterapkan dalam menyelesaikan model matematika perambatan panas, dengan media perambatan berupa benda yang berbentuk silinder. Berdasarkan hasil yang diperoleh, skema BTCS dalam membentuk persamaan beda digunakan ekspansi deret taylor pada setiap turunannya, selanjutnya persamaan beda diselesaikan dengan melibatkan proses penyelesaian Sistem Persamaan Linear (SPL). Dalam menyelesaikan SPL, digunakan metode inverse matriks. Pada beberapa hasil uji yang dilakukan, memberikan hasil bahwa solusi skema BTCS stabil untuk semua panjang grid ruang dan waktu. Selain itu persamaan beda yang diperoleh terbukti konsisten dan konvergen.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Holman, J.P., 1991, Perpindahan Kalor.Edisi VI. Erlangga, Jakarta

Hartanto, 2008. Penyelesaian Numerik Persamaan Laplace dan Persamaan Poisson dalam Pelat Persegi Panjang dan Pelat Cakram dengan Metode Beda Hingga. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Prasetya E, Arifin Z, Joko TS., 2010. Simulasi Perpindahan Panas Konduksi pada Lapisan Baja Tahan Karat AISI 304 dan Baja Karbon SS 400 dengan Metode Beda Hingga. Mekanika. Vol. 9 No. 1. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Annur, Hanifwati dan Santosa, H.H., (2008). Analisa Temperatur Pada Proses Difusi Obat Dalam Membran Dengan Menggunakan Metode Diferensial Parabolik Untuk Mendeteksi Sinyal Foto Akustik. Jurnal Ilmiah GIGA. Volume 11. Jurusan Sistem Informasi. Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika. Universitas Nasional, Jakarta.

Ardian, Dedik., 2010. Analisa Persamaan Panas dan Nilai Sterilisasi Pada Proses Sterilisasi Makanan Kaleng. PENELITIAN JURUSAN MATEMATIKA ITS, Surabaya.

Dita F., Widodo B., 2013. Karakteristik Aliran Panas dalam Logam Penghantar Listrik. Jurnal Teknik Pomits. Vol. 1, No. 1. pp. 1-5. Institut Teknologi Sepulah Nopember. Surabaya.

Li Q., Chen Z., Flechtner U., Warnecke H.J., 1998. Heat Transfer And Pressure Drop Characteristics In Rectangular Channels With Elliptic Pin Fins, INTERNATIONAL JOURNAL OF HEAT AND FLUID FLOW. Vol. 19. pp. 245-250

Yunus, Asyari D., 2009. Perpindahan Panas dan Massa. Diktat Kuliah. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik Universitas Darma Persada. Jakarta


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.