EVALUASI KEHANDALAN SISTEM GROUNDING PADA INSTALASI LISTRIK RUMAH TINGGAL DI KABUPATEN BANTAENG

Hermansyah Hermansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk melihat tingkat kelayakan sistem grounding instalasi listrik yang ada pada daerah perumahan yang berlokasi di pesisir pantai Kabupaten Bantaeng. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen dengan mengukur langsung beberapa titik grounding instalasi listrik yang ada di pesisir pantai Kabupaten Bantaeng. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa rata-rata resistansi grounding yang terpasang pada perumahan masyarakat yang berada di sekitar pantai memiliki nilai resistansi pembumian yang tidak standar yakni tidak sesuai dengan standarisasi pembumian yang diatur dalam PUIL 2000. Hal tersebut terlihat dari hasil pengukuran yang diperoleh. Dari tujuh lokasi yang diteliti enam diataranya memiliki resistansi pentanahan yang melebihi nilai ambang batas yang diijinkan yaitu 5 Ohm.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abidin Z, Ghufron A, 2016. Analisa Perbaikan Sistem Pentanahan Instalasi Listrik Tanah Kapur dan Padas Menggunakan Metode SIGARANG (Sistem Grounding Arang dan Garam). Universitas Islam Lamongan, Jurnal Teknik Elektro.

Dwi Harianto Budi Santoso. 2016. Evaluasi Kelayakan Instalasi Listrik Rumah Tangga dengan Pemakaian Lebih dari 15 Tahun Berdasarkan PUIL 2000 di Desa Cipaku Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang Jawa Barat. Unversitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasrul. 2010 Evaluasi Sistem Pembumian Instalasi Listrik Domestik di Kabupaten Barru. Universitas Negeri Makassar, Media Elektrik.

Hermansyah, Achmad, 2018. Study Kelayakan Sistem Grounding Pada Instalasi Listrik Gedung Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo. D’Computare Vol.8 Edisi Juli. ISSN 2088-7388.

Jamaluddin, Sumarno. 2017. Perancangan Sistem Pentanahan Tenaga Listrik Terintegrasi Pada Bangunan. UMSIDA. JEEE-U.

Krishna B, Haryono, Sugyantoro B. 2016. Perbaikan Sistem Pentanahan Pada Gedung Listrik Politeknik Negeri Semarang. JTET.

Panitia Revisi PUIL. 2000. Persyaratan Umum Instalasi Listrik 2000. Jakarta, PLN.

Rudi, Songgo, Anang. 2016. Analisis Sistem Pembumian Berbentuk Jaring (Grid) Pada Gardu Induk 150 kV di Jalan Sunan Derajat Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, ratJawa Timur. UM-Surabaya.

Mukmin, Kali, Mukhlis 2014. Perbandingan Nilai Tahanan Pentanahan pada Area Reklamasi Pantai (Citraland). MEKTRIK Vol.1 No.1 ISSN 2356-4792.

Zainuri 2016. Grounding Instalasi Listrik Pasca Umur 15 Tahun di Perumahan Taman Bukit Klepu. Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.