MODEL ARUS LALU LINTAS BINARY STATE DALAM KONSEP OTOMATA SELULAR

Budyanita Asrun

Sari


Sekumpulan array yang menyerupai program otomata, atau dinamakan sel, yang saling berinteraksi satu dengan lainnya disebut otomata selular. Arus lalu lintas dapat dimodelkan dengan otomata selular karena pada dasarnya kecepatan kendaraan di jalan raya pada suatu waktu dapat dianggap hanya dipengaruhi oleh kecepatan kendaraan itu dan keadaan jalan disekitarnya pada waktu sebelumnya. Hal ini sesuai dengan karakteristik otomata selular dimana status suatu sel pada suatu waktu hanya ditentukan oleh status sel itu sendiri dan status sel-sel tetangganya pada waktu sebelumnya. Dalam tulisan ini akan dikaji bagaimana menerapkan konsep otomata selular pada masalah arus lalu lintas kendaraan di jalan pada sistem Binary State.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Fadillah, Widya R.(2003). BAB 8 Cellular Automata. student.eepis-its.edu/~arik/arik/KuliaH%20PaGi/.../CA.pdf. (diakases tgl 30 juni 2010).

Kurniawati, Hanna. 2001. Cellular Automata: Pemodelan dan Implementasi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

Schatten, Alexander. (2008). Cellular Automata Tutorial. http://www.ifs.tuwien.ac.at/~aschatt/info/ca/ca.html. (diakses tgl 30 juni 2010).

Syalim, Amril. 2003. Pemodelan Dan Implementasi Paralel Untuk Simulasi Arus Lalu Lintas Kendaraan Di Jalan Raya. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.