Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Problem Solving bagi Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran KKPI

Heliawaty Amrul

Sari


Metode mengajar merupakan faktor yang sangat penting dan sering dijadikan bahan pembicaraan dalam dunia pendidikan. Hal ini beralasan karena dengan metode mengajar yang tepat dan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Menggunakan metode mengajar sesuai dengan bahan pelajaran yang diterapkan menuntut keahlian khusus, karena tidak semua metode mengajar dapat diterapkan dan digunakan untuk menyampaikan bahan pelajaran bagi siswa. Bisa saja terjadi suatu tujuan pengajaran gagal tercapai hanya karena memakai metode pengajaran yang tidak sesuai dengan bahan pelajaran. Oleh karena itu dalam menggunakan metode mengajar selain menyesuaikan dengan bahan pelajaran juga perlu dipertimbangkan hal yang lain seperti alat atau sarana yang tersedia. Besar kecilnya kelas, tempat belajar dan juga banyak sedikitnya bahan. Berdasarkan pengamatan selama ini guru dalam menyampaikan materi pelajaran sangat baanyak menggunakan metode ceramah. Tingkat pemahaman siswa terhadap metode problem solving masih sangat rendah, karena guru sendiri dalam menyajikan materi pelajaran sangat jarang sekali menggunakan metode pemecahan masalah.sangatlah perlu siswa dibekali kemampuan untuk memecahkan masalah atas masalah yang dihadapi. Pada kenyataannnya metode mengajar yang digunakan oleh guru untuk menyampaikan informasi kepada siswa berbeda dengan cara yang digunakan untuk memberi pengetahuan, keterampilan dan sikap. Metode yang digunakan untuk memotivasi siswa agar mampu menggunakan pengetahuannya dalam memecahkan masalah yang dihadapi akan berbeda dengan metode yang digunakan untuk berpikir siswa serta dalam menggunakan pendapatnya untuk menghadapi persoalan. Untuk itu agar guru dapat menentukan strategi pembelajaran dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan semula. Untuk mencapai tujuan diatas guru akan pengggunaan metode problem solving dalam menyampaikan materi pembelajaran. Bertitik dari latar belakang diatas, maka penulis melakukan penelitian dengan mengambil judul “ Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xa Dalam Mengeksplor Program-Program Aplikasi Pada Mata Pelajaran TIK

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.