Rancangan Bangun Alat Pengontrol Daur Ulang Solar Berkas dengan Mikrokontroler AT89C51

Heliawaty Amrul, Agus Waluyo, Mildayani Busyran

Sari


Solar merupakan jenis bahan bakar yang digunakan pada mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) pada PT. PLN (persero), namun kondisi sekarang ini dimana bahan bakar solar sangat langka dan harganyapun semakin mahal untuk industri. Untuk itu perlu pengiritan dalam penggunaanya, dan kita ketahui bahwa solar yang telah dipakai untuk membersihkan komponen mesin tidak dapat digunakan kembali karena telah tercampur oleh kotoran bahkan dapat mengakibatkan terjadinya pencemaran tanah jika dibuang begitu saja. Hal ini diakibatkan karena pada saat penggunaan solar sebagai pencuci komponen mesin, solar tersebut tercampur dengan material lain. Alat daur ulang solar bekas pada PT. PLN (persero) cabang pinrang masih digunakan secara manual yang memerlukan banyak waktu dan tenaga untuk mengoperasikannya, dimana alat ini dapat digunakan jika operator yang bekerja tetap menekan tungkai penggerak naik turun (piston penekan) yang dilakukan secara berulang ulang sampai solar bekas yang ingin dibersihkan habis dalam penampung, hal ini sangat melelahkan karna membutuhkan banyak tenaga dan waktu untuk pengoperasiannya dan juga operator tidak dapat melakukan pekerjaan lain sebelum proses daur ulang selesai. Untuk itu diperlukan adanya alat daur ulang solar bekas dapat digunakan secara otomatis sehingga dapat membantu memudahkan penyelesaian dalam segi tenaga, waktu, dan keselamatan dengan menggunakan sistem pengontrolan yang menggunakan tombol on/off.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Dewobroto Wiryanto. 2003. Aplikasi Sain dan Teknik dengan Visual Basic 6.0,. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo

Malvino. 1996. Prinsip-prinsip Elektronika Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Mardalis. 1995. Metode Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara

Own Bishop. 2004. Dasar-dasar Elektronika. Jakarta : Erlangga.

Peacock Craig. 2004. Interfacing Standard Parallel Por.

http://www.beyondlogic.org/spp/parallel.htm

Peacock Craig. 2004. Interfacing Enhanced Parallel Port.

http://www.doc.ic.ac.uk/~ik/doc/par/

Prasetia Retna, Widodo Catur Edi. 2004. Teori dan Praktek Interfacing Port Paralel dan Port Serial Komputer dengan Visual Basic 6.0. Yogyakarta : Andi.

Putra Rahmat. 2005. The Best Source Code Visual Basic. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

S. Pakpahan. 1993. Kontrol Otomatis dan Penerapan. Jakarta : Erlangga.

S. Pressman Roger. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi ( Buku Satu). Yogyakarta : Andi and MC.Grow - Hill


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.