Sistem Informasi Pengisian Pulsa Elektrik

Rusmala Oddang

Sari


Tulisan ini menjelaskan proses perancangan dan implementasi Sistem Informasi Pengisian Pulsa Elektrik Berbasis Teknologi Web dan Bluetooth. Sistem ini dibangun menggunakan bahasa PHP/MySQL dan didukung oleh beberapa perangkat lunak tambahan (PC Suite Nokia dan NowSMS yang berperan sebagai SMS Gateway). SMS Gateway adalah suatu platform yang menyediakan mekanisme untuk EUA menghantar dan menerima SMS dari peralatan mobile (HP, PDA phone, dll) melalui SMS Gateway’s shortcode. SMS Gateway membolehkan UEA untuk berkomunikasi dengan Telco SMSC (Telkomsel, Indosat, dll) atau SMS platform untuk menghantar dan menerima pesan SMS dengan sangat mudah, karena SMS Gateway akan melakukan semua proses dan koneksi dengan Telco. SMS Gateway juga menyediakan UEA dengan interface yang mudah dan standar. Sistem ini telah diujicoba untuk mentransfer pulsa elektrik dan mengirim SMS dari aplikasi yang dikoneksikan dengan modem GSM handphone Nokia E61i melalui sambungan bluetooth. Hasil percobaan menunjukan bahwa sistem bekerja dengan baik.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Gunadhi, Albert, et al., “Memanfaatkan Ponsel GF768 Untuk Mengontrol Peralatan Listrik Melalui SMS”. Proceeding, Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT), Universitas Gunadarma, 2004

.http://www.ilmukomputer.com/umum/faried-database.php. “Pengantar Database”, Dicetak pada 27 Juni 2006.

Jogiyanto, HM., “Analisis dan Disain Sistem Informasi”, Andi Offset, Yogyakarta, 1999.

Jogiyanto, HM., “Sistem Teknologi Informasi, Pendekatan Terintegrasi: Konsep Dasar”, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan, Andi Offset, Yogyakarta, 2002.

Leman, “Metodologi Pengembangan Sistem Informasi”, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 1998.

Lesmana, Lim et al., 2004, "Sistem Akses Database Akademik Kemahasiswaan Via SMS". Proceeding, Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT), Universitas Gunadarma, 2004.

M. Syafii, “Panduan Membuat Aplikasi Database dengan PHP 5”, Andi Offset, Yogyakarta, 2005.

Romzi Imron Rozidi, “Membuat Sendiri SMS Gateway (EMSE)”, Andi Offset, Yogyakarta, 2004.

Teddy Marcus Zakaria dan Josep Widiadhi, “Aplikasi SMS untuk Berbagai Keperluan”, Bandung: Informatika, 2006.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.