Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 5 Palopo

Widharty Abdul idris

Sari


Tujuan penelitian ini adalah (i) untuk menghasilkan suatu aplikasi web mata pelajaran TIK kelas VIII pada SMP Negeri 5 Palopo; (ii) mengembangkan media pembelajaran dengan menggunakan web yang memenuhi syarat validitas, kepraktisan dan efektif. Jenis penelitian ini adalah Research and Development dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam perancangan media pembelajaran berbasis web. Tahap pengembangan model ADDIE yaitu analisis kebutuhan, perancangan media pembelajaran, pengembangan media pembelajaran, implementasi pada ujicoba (one to one, kelompok kecil dan lapangan) dan evaluasi yang dilakukan untuk kebutuhan revisi media pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran TIK yang dikemas dalam bentuk website atau situs web yang bekerja pada local host dengan menyertakan buku panduan penggunaan. Media pembelajaran berbasis web ini telah memenuhi syarat kevalidan, praktis dan efektif. Kevalidan diperoleh dari hasil validasi ahli media dan ahli materi, kepraktisan diperoleh dari hasil lembar observasi siswa dan guru sedangkan keefektifan diperoleh berdasarkan hasil evaluasi siswa dan respon positif dari siswa dan guru. Saran yang dari penelitian ini adalah (i) peneliti selanjutnya dapat melanjutkan hingga tahap evaluasi; (ii) masih perlu penambahan fitur dan tombol navigasi agar lebih menarik, (iii) guru dapat memanfaatkan media pembelajaran berbasis web ini sebagai sumber belajar.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Agustiah. 2013. Pengembangan Modul Pembelajaran Pengukuran Listrik Berbantuan Komputer SMK Negeri 3 Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana. UNM Makassar.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rajawali Pers.

Asyar, Rayandra. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran.2011. Jakarta: Penerbit Gaung Persada (GP).

Atmoko. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. Jurnal Sistem Informasi, (online), Volume 9, No.2, (http://www.journal.usm.ac.id, Diakses 7 Juli 2013).

Azwar, Syaifuddin. 2012. Reliabilitas dan Validitas Edisi 2: Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.

Baskoro, Adi. 2009. Panduan Praktis Membuat Website Berbasis Joomla: Jakarta: Penerbit Media Kita.

Dadan. 2012. Kreatif Membuat Website Profesional. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Darmawan, Deni. 2011. Teknologi Pembelajaran. Bandung. Penerbit: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2010.Media Pembelajaran Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Enterprise, Jubilee. 2008. 101 Tip dan Trik Joomla. Jakarta: Penerbit. PT. Elex Media Komputindo.

Enterprise, Jubilee.2008.68 Trik Rahasia Joomla.Jakarta: Penerbit. PT. Elex Media Komputindo.

Hamonangan. 2013. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Web dalam Matakuliah Pengaturan Mesin Listrik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (online), Tahun XXXII, No,1, (http://www.journal.uny.ac.id, Diakses 7 Juli 2013).

Johnson, LouAnne. 2009. Pengajaran yang Kreatif dan Menarik Cara Membangkitkan Minat Siswa Melalui Pemikiran. Penerbit: PT Macanan Jaya Cemerlang.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.