Dampak Keterampilan Menggunakan Komputer Terhadap Hasil Uji Kompetensi Guru Sekolah Menengah di Kota Palopo dan Kabupaten Luwu

Nahrun Hartono, Nirsal Nirsal

Sari


Model uji kompetensi guru dalam jabatan yang telah disiapkan oleh pemerintah berlaku untuk seluruh guru pada jenis dan jenjang persekolahan, yaitu dengan Portofolio. Portofolio yang dinilai meliputi: kualifikasi akademik; pendidikan dan pelatihan; pengalaman mengajar; perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran; penilaian dari atasan pengawas; prestasi akademik; karya pengembangan profesi; keikutsertaan dalam forum ilmiah; pengalaman menjadi pegrus dalam organisasi; penghargaan yang relevan dengan bidang pendidikan; Model uji kompetensi dengan portofolio mendapat respon yang positif dari semua responden, walapun berdasarkan analisis, uji kompetensi dengan portofolio tersebut dipandang belum dapat meningkatkan kompetensi guru dalam jabatan .Ujian Kompetensi Guru tahun 2012 berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan sistem online, merupakan salah satu program untuk mengukur kemampuan kompetensi guru. Penelitian ini dilaksankan selama empat bulan yang bertempat di Sekolah Menengah Pertama se Kota Palopo dan se Kabupaten Luwu. Penelitian ini bertujuan. 1. Mengetahui sejauh mana pengaruh pemahaman Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dasar guru terhadap hasil Uji Kompetensi Guru. 2. Mengukur tingkat pemahaman Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) guru khususnya guru Sekolah Menengah Pertama.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


---------. (2005) Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

---------. (2007) Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 18 Tahun 2007 tentang Sertifikasi bagi Guru dalam Jabatan.

Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pedoman Rintisan Program Pendidikan Profesi Guru Terintegrasi Berkewenangan Tambahan (PPGT).

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Buku Pedoman Uji Kompetensi Guru tahun 2012.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Pedoman Penetapan Peserta Sertifikasi Guru 2013.

Suharsimi Arikunto.2006. prosedur Penelitian.rineka Cipta. Jakarta.

Suryabrata, Sumadi. 1995. Metodologi Penelitian. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.