PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POKOK BAHASAN GAYA DAN HUKUM NEWTON UNTUK SISWA SMP

Arda Arda

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif khususnya pokok bahasan gaya dan hukum Newton. Media pembelajaran interaktif yang dikembangkan terdiri atas 2 bagian utama yaitu materi dan evaluasi. Pengembangan dilakukan dengan mengacu pada model Borg dan Gall. Hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media menyatakan bahwa media pembelajaran ini berada dalam kategori sangat baik dan baik. Uji coba media yang dilakukan pada siswa SMPN 3 Palu menyatakan bahwa media ini berada dalam kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif yang telah dirancang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa SMP.

Kata kunci: Pembelajaran interaktif

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arindiono, R. Y. dan Ramadhani, N. 2013. Perancangan Media pembelajaran Interaktif Matematika untuk Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Sains dan Seni POMITS 2 (1): 28-32.

Bennett, S. J. dan Brennan, M. J. 1996. Interactive Multimedia Learning in Physics. Australian Journal of Educational Technology 1996 12 (1): 8-17.

Borg, W. R. dan Gall, M. D. 1983. Educational Research. An Introduction (4th ed.) New York: Longman.

Fitria, L. 2011. Media Pembelajaran Interaktif Sesuai Rencana Program Pembelajaran untuk Kelas 1 SDN Bantul Manunggal. Melalui http://repository.amikom.ac.id/files/PUBLIKASI07.11.1698.pdf [26/12/13].

Hiedayat, S. W. dan Sulistyowati. 2010. Pengembangan Komputer Pembelajaran (CAI) tentang Gerak Lurus Berubah Beraturan pada Mata Pelajaran Fisika bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (1): 86-99.

Kristanto, A. 2010. Pengembangan Media Komputer Pembelajaran Multimedia Mata Pelajaran Fisika Pokok Bahasan Sistem Tata Surya bagi Siswa Kelas 2 Semester I di SMAN 22 Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Surabaya 10 (2): 12-25.

Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Safitri, M., Hartono, Y. dan Somakim. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Segitiga Menggunakan Macromedia Flash Untuk Siswa Kelas VII SMP. Indonesian Jurnal on Computer Science Speed ( IJCSS) 10 (3): 28-35.

Sudjana, N. dan Rivai, A. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Penerbit CV. Sinar Baru.

Sukardjo. 2008. Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.

Viajayani, E. R., Radiono, Y. dan Rahardjo D. T. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika 1 (1): 144-155.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.