ANALISIS KESTABILAN PENGARUH PENERAPAN RACUN PADA MODEL PREDATOR HAMA TANAMAN PADI

Yuliani Yuliani

Abstract


Penelitian ini membahas tentang analisis kestabilan pengaruh penerapan racun pada model predator hama tanaman padi. Populasi hama atau prey pada model ini dibagi menjadi prey rentan dan terinfeksi dengan asumsi bahwa interaksi yang terjadi antara hama dan predator menggunakan fungsi Holling II dengan memperhatikan waktu predator dalam mencerna prey. Laju pertumbuhan prey rentan mengacu pada fungsi logistik. Dari model diperoleh titik ekuilibrium sebanyak enam titik. Dengan menggunakan metode linearisasi dan Uji Kestabilan Hurwitz diperoleh titik ekuilibrium interior yang stabil secara lokal. Simulasi numerik dilakukan untuk melihat perilaku hama dan predator dengan adanya penerapan racun.

Kata kunci: model predator hama, titik ekuilibrium, Uji Kestabilan Hurwitz

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, S., Herlinda, S., Irsan, C., & Umayah, A. (2014). Serangan Hama Wereng dan Kepik pada Tanaman Padi di Sawah Lebak Sumatera Selatan Attack of Leafhopper and Ladybug Pests to Rice Plant in the Lowland Rice. In Prosiding Seminar Nasional Lahan Suboptimal 2014 (pp. 46-53).

Hubard, C. H. and West, D.H., 1995. Differential Equation: A Dynamical System Approach, Springer-Verlag, New York.

Karim, I. A. 2018. Dinamika Model Predator Hama Wereng Batang Cokelat (Nilaparvata Lugens) pada Tanaman Padi dengan Penerapan Pestisida. Faktor Exacta, 11(1), 94-103.

Perko, L., 2001. Differential Equation and Dynamical System, Springer Verlag, New York.

Taufiq, I., & Agustito, D. 2018. Model Predator-Prey dengan Dua Predator dan Satu Prey Terinfeksi. Indonesian Journal of Mathematics Education, 1(1), 8-15.

Taufiq, I. 2016. Analisis Kestabilan Model Dua Pemangsa dan Satu Mangsa dengan Penerapan Racun. SCIENCE TECH: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, 2(1), 100-105.

Toaha, S., 2013. Pemodelan Matematika dalam Dinamika Populasi. Makassar, Dua Satu Press.

Yuliani, Y., & Sam, M. 2015. Pemanenan Optimal pada Model Reaksi Dinamik Sistem Mangsa-pemangsa dengan Tahapan Struktur. Journal of Mathematics and Natural Sciences, 6(2), 25-38.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.