ANALISIS KORELASI ANTARA GOLONGAN DARAH TIPE ABO DENGAN MODALITAS DAN GAYA BELAJAR MAHASISWA
Abstract
darah ABO dengan modalitas dan gaya belajar mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian expost facto dengan menganalisis hubungan antar variabel. Populasi penelitian adalah mahasiswa
Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto pada Semester Genap Tahun Akademik 2014/2015.
Teknik pengambilan sampel yaitu acak strata untuk setiap tipe golongan darah. Data golongan
darah diperoleh dengan tes golongan darah ABO, sedangkan data modalitas dan gaya belajar
diperoleh dengan instrumen baku Cognitive Modes of The Myers Briggs Type Indicator (MBTI)
dan kuesioner Kolb Learning Style Inventory yang dikembangkan oleh ahli dan diterjemahkan
dalam bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman
dengan menggunakan SPSS version 20 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara golongan darah ABO dengan
modalitas dan gaya belajar mahasiswa. Nilai korelasi antara golongan darah ABO dengan
modalitas belajar masih tergolong lemah, yaitu tipe sensing sebesar -0,149, tipe intuition sebesar
0,181, tipe thinking sebesar -0,162, dan tipe feeling sebesar 0,166. Nilai korelasi antara golongan
darah ABO dengan gaya belajar juga tergolong lemah, yaitu tipe active experimentation sebesar
0,158, tipe reflective observation sebesar -0,113, abstract conception sebesar 0,307, dan concrete
experience sebesar -0,307.
Kata kunci: golongan darah ABO, modalitas belajar, gaya belajar, korelasi
Full Text:
UntitledReferences
Chan, Y. H. 2003. Biostatistics 104:
Correlational Analysis. Singapore
Med. Journal, Vol. 44, Nomor 12:
-619.
Djamarah, S. B. 2000. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwipayama, I. M. Y. 2013. Gambaran
Kepribadian dan Psychological WellBeing Ditinjau Berdasarkan Golongan
Darahnya. Diakses pada tanggal 30
Maret 2014.
Felder, R.M., and Brent, R. 2005.
Understanding Students Different.
Jornal of Engingeering Education, 94
(1): 57-72.
Gunawan, A. W. 2004. Genius Learning
Strategy, Petunjuk praktis untuk
menerapkan Accelerated Learning.
Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hidayat. 2013. Proses Pembelajaran.
http://eprints.uny.ac.id/8539/3/BAB%2
- pdf. Diakses pada
tanggal 29 April 2014.
Ishartiwi. 2009. Handout 2 Matakuliah Tek.
Pendidikan PLB: Memahami Belajar
dan Masalahnya ABK (Online).
http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/
pendidikan/Ishartiwi,%20M.Pd.,%20D
r.%20/Modalitas%20Belajar.pdf.
Diakses pada tanggal 28 April 2014.
Nadia, B., Handayani, D., Rismiati, R.
Hidup Sehat Berdasarkan Golongan
Darah O. Jakarta: Dukom Publisher.
Nilson, L. B. 2010. The Truth about
Learning Style. Keynote at the
International Lilly Conference on
College Teaching, November.
Amerika: Oxford University.
Nomi, T. 2007. Touch My Heart, Mengenal
Kepribadian Anak menurut Golongan
Darah. Penerjemah: Holy Setyowati.
Yogyakarta: Penerbit Andi.
Oktaviana, E. A., Murpi, S., Indra, P. O.
Hidup Sehat Berdasarkan
Golongan Darah B. Jakarta: Dukom
Publisher.
Perpisa, L. dan Sevrika, H. 2013. Pengaruh
Lingkungan terhadap Gaya Belajar
Siswa pada Mata pelajaran Bahasa
Inggris di Kecamatan Koto XI Tarusan
Pesisir Selatan. Journal Polingua,
Volume 2, Nomor 2: 12-18.
Prastiti, S. D. dan Pujiningsih, S. 2009.
Pengaruh Faktor Preferensi Gaya
Belajar terhadap Prestasi Belajar
Mahasiswa Akuntansi. Jurnal
Ekonomi Bisnis, Tahun 14, Nomor 3:
-231.
Refbacks
- There are currently no refbacks.