ANALISIS KORELASI ANTARA GOLONGAN DARAH TIPE ABO DENGAN MODALITAS DAN GAYA BELAJAR MAHASISWA

Eka Pratiwi Tenriawaru, Yulvinamaesari Yulvinamaesari, Ariandi Ariandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi dan seberapa besar korelasi antara golongan
darah ABO dengan modalitas dan gaya belajar mahasiswa. Jenis penelitian adalah penelitian expost facto dengan menganalisis hubungan antar variabel. Populasi penelitian adalah mahasiswa
Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto pada Semester Genap Tahun Akademik 2014/2015.
Teknik pengambilan sampel yaitu acak strata untuk setiap tipe golongan darah. Data golongan
darah diperoleh dengan tes golongan darah ABO, sedangkan data modalitas dan gaya belajar
diperoleh dengan instrumen baku Cognitive Modes of The Myers Briggs Type Indicator (MBTI)
dan kuesioner Kolb Learning Style Inventory yang dikembangkan oleh ahli dan diterjemahkan
dalam bahasa Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi Spearman
dengan menggunakan SPSS version 20 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa tidak terdapat korelasi yang signifikan antara golongan darah ABO dengan
modalitas dan gaya belajar mahasiswa. Nilai korelasi antara golongan darah ABO dengan
modalitas belajar masih tergolong lemah, yaitu tipe sensing sebesar -0,149, tipe intuition sebesar
0,181, tipe thinking sebesar -0,162, dan tipe feeling sebesar 0,166. Nilai korelasi antara golongan
darah ABO dengan gaya belajar juga tergolong lemah, yaitu tipe active experimentation sebesar
0,158, tipe reflective observation sebesar -0,113, abstract conception sebesar 0,307, dan concrete
experience sebesar -0,307.
Kata kunci: golongan darah ABO, modalitas belajar, gaya belajar, korelasi

Full Text:

Untitled

References


Chan, Y. H. 2003. Biostatistics 104:

Correlational Analysis. Singapore

Med. Journal, Vol. 44, Nomor 12:

-619.

Djamarah, S. B. 2000. Strategi Belajar

Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwipayama, I. M. Y. 2013. Gambaran

Kepribadian dan Psychological WellBeing Ditinjau Berdasarkan Golongan

Darahnya. Diakses pada tanggal 30

Maret 2014.

Felder, R.M., and Brent, R. 2005.

Understanding Students Different.

Jornal of Engingeering Education, 94

(1): 57-72.

Gunawan, A. W. 2004. Genius Learning

Strategy, Petunjuk praktis untuk

menerapkan Accelerated Learning.

Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hidayat. 2013. Proses Pembelajaran.

http://eprints.uny.ac.id/8539/3/BAB%2

- pdf. Diakses pada

tanggal 29 April 2014.

Ishartiwi. 2009. Handout 2 Matakuliah Tek.

Pendidikan PLB: Memahami Belajar

dan Masalahnya ABK (Online).

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/

pendidikan/Ishartiwi,%20M.Pd.,%20D

r.%20/Modalitas%20Belajar.pdf.

Diakses pada tanggal 28 April 2014.

Nadia, B., Handayani, D., Rismiati, R.

Hidup Sehat Berdasarkan Golongan

Darah O. Jakarta: Dukom Publisher.

Nilson, L. B. 2010. The Truth about

Learning Style. Keynote at the

International Lilly Conference on

College Teaching, November.

Amerika: Oxford University.

Nomi, T. 2007. Touch My Heart, Mengenal

Kepribadian Anak menurut Golongan

Darah. Penerjemah: Holy Setyowati.

Yogyakarta: Penerbit Andi.

Oktaviana, E. A., Murpi, S., Indra, P. O.

Hidup Sehat Berdasarkan

Golongan Darah B. Jakarta: Dukom

Publisher.

Perpisa, L. dan Sevrika, H. 2013. Pengaruh

Lingkungan terhadap Gaya Belajar

Siswa pada Mata pelajaran Bahasa

Inggris di Kecamatan Koto XI Tarusan

Pesisir Selatan. Journal Polingua,

Volume 2, Nomor 2: 12-18.

Prastiti, S. D. dan Pujiningsih, S. 2009.

Pengaruh Faktor Preferensi Gaya

Belajar terhadap Prestasi Belajar

Mahasiswa Akuntansi. Jurnal

Ekonomi Bisnis, Tahun 14, Nomor 3:

-231.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.