PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 PALOPO PADA MATERI POKOK LARUTAN ASAM BASA

Nurasia Nurasia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo pada materi pokok larutan asam basa. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan desain Faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Palopo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 180 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling dan kelas yang terpilih adalah kelas XI IPA D dan XI IPA F. Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis ANACOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh dari gaya belajar terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas XI IPA SMA Negeri 3 palopo pada materi pokok larutan asam basa.
Kata Kunci: Gaya Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

Untitled

References


Costa, L Arthur. 1988. Developing Minds A Resource Book For Teachning Thingking. Printed in the United States Of America.ASCD.

De Porter, danHernacki. 2012. Quantum Learning. Bandung :Kaifa

De Porter, dkk. 2011. Quantum Teaching. Bandung : Kaifa

Fischer, Alec. 2008. BerpikirKritis (Sebuah Pengantar). Jakarta: Erlangga.

Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mattjik & Sumerta jaya.2002. Perancangan Percobaan dengan Aplikasi SAS dan Minitab. Jidil 1 Edisi kedua. Bogor: IPB Press

Miftah. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Metode Penemuan terbimbing dalam pencapaian proses sains dan keterampilan berpikir kritis

Pengaruh Gaya Belajar terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XI IPA

SMA Negeri 3 Palopo pada Materi Pokok Larutan Asam Basa

peserta didik MAN 2 Model Makassar. Thesis. Tidak diterbitkan . PPs UNM: Makassar

Nasution, 2010. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Risnawati dan Ghufron. 2012. Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: PustakaPelajar

Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar (salah satu unsur pelaksanaan Strategi belajar Mengajar :Teknik Penyajian). Jakarta: Rineka Cipta

Russel. 2011. Accelereated Learning Field Book, Panduan Belajar Cepat di Dunia yang Padat. Bandung : Nusamedia

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Sanjaya, W. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Subana. 2005. Statistika Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Suyanti, R.D. 2010. Strategi Pembelajaran Kimia.Yogykarta: Graha Ilmu.

Trianto, 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto, 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana.

Zamroni dan Mahfudz. 2009. Panduan Teknis Pembelajaran yang Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jakarta: Kementrian Nasional Direktorat


Refbacks

  • There are currently no refbacks.