Analisis Keuntungan Usahat Ani Lele Dumbo Di Desa Banyuurip Luwu Utara

Saliman Saliman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah keuntungan petani Ialam pembesaran Iele dumbo di Desa Banyuurip Kecamatan BoneĀ­ Bone, Kabupaten Luwu Utara. Waktu penelitian dimulai pada bulan Maret dan berakhir pada bulan Mei 2009. Penentuan responden dengan nengambil 10 responden dari 100 petani yang ada di Desa Banyuurip.
:>engumpulan data dilakukan dengan 2 cara, yaitu data primer yang Iiperoleh secara lang sung dari responden melalui wawancara langsung Iengan berpedoman pada dasar pertanyaan yang menyangkut indentitas oetani, sedangkan data sekunder diperoleh dari instansi yang terkait dan oerhubungan dengan penelitian ini. Dari hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa tingkat keuntungan yang peroleh petani untuk luas ahan 200 m2 sebesar Rp.5.513.000,- atau dengan RIC ratio sebesar Rp.
~,22 yang berarti setiap pengeluaran yang dikeluarkan oleh petani iebesar Rp. 1 akan memperoleh penerimaan sebesar Rp. 2,22.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Anonym, 1978. Pedoman Manajemen Usaha Tani. FAO. Jakarta

Fadoli Hernanto, 1987. Ilmu Usaha Tani. CV. Yasaguna. Jakarta. Khaeruman Sp, Toguen Sihombeng, Khairul Amri S.Pi., M.Si. Budi

Daya Lele Dumbo di Kolam Terpal. PT. Agro Media Pustaka, Cet. I. Jakarta.

Soekartawi, 1996. Teori Ekonomi Produksi Pertanian. PT. Rajawali

Pers. Jakarta.

Tim Agriminakultura, 2008. Bisnis dan Budi Daya Lele Dumbo dan

Lele Lokal.Ikrar Mandiri Abadi, Cet. I, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.