Menfasilitasi Interaksi Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Muhammad Ilyas

Sari


Pembelajaran kooperatif dilakukan dengan rnembentuk kelornpok kecil yang anggotanya heterogen untuk bekerja sebagai sebuah tim dalam menyelesaikan masalah, tugas, atau mengetjakan sesuatu untuk rnencapai tujuan bersama Model pembelajaran kooperatif bertujuan agar siswa: (1) dapat menerima teman-temannnya yang mempunyai berbagai macam perbedaan latar belakang. Perbedaan tersebut antara lain perbedaan suku, agama, kemampuan akademik, dan tingkat sosial, (2) mengembangkan keterampilan sosial siswa. Interaksi siswa dalam pembelajaran kooperatif antara lain adalah: berbagi tugas, aktif bertanya, menghargai pendapat orang lain, rnemancing ternan untuk bertanya, mau menjelaskan ide atau pendapat, bekerja dalam kelompok, dan sebagainya.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Dahar, Ratna Wilis. 1988. Teori - teori Belajar. Bandung

Ibrahim, M.,Fida R., Nur, M. dan Ismono. 2000. Pembelajaran

Kooperatif. Surabaya: Unesa Press

Junaedi, Dedi., dkk. 1999. PenuntunBelajar Matematika UntukSLTP.

Jakarta: PT. Mizan Pustaka.

Junaidi, Syamsul., dkk. 2002. Membangun Kompetensi Matematika

SLTP. Surabaya: Esis Erlangga.

Lungdren, Linda, 1994. Cooperative Learning in The Science

Classroom. Glencoe: MacMillanlMcGraw Hill.

Ratumanan, T.G. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Unesa

University Press

Skemp, Richard R. 1982. The Psychology of Learning Mathematics.

New Zealand: Penguin Books.

Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.