.Pelaksanaan Pengajaran Apresiasi Fiksi pada Kelas III SMU Negeri 01 kota Palopo

Sehe Sehe

Sari


Melalui pengajaran apresiasi sastra diharapkan siswa merniliki wawasan yang memadai, sikap positif, serta mampu mengembangkan wawasan dan sikap positifuya terhadap karya sastra lebih lanjut Untuk itu, prosedur pelaksanaan pengajaran apresiasi fiksi dilakukan atas beberapa langkah yaitu: pelacakan pendahuluan, penentuan sikap praktis, introduksi, penyajian, dar; pengukuhan. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran adaJah metode pemberian tugas, metode tanya-jawab, dan rnetode diskusi. Sedangkan strategi penyampaian yang digunakan guru dalam pelaksanaan pengajaran apresiasi fiksi adalah strategi anaJisis, strategi strata, dan strategi induktif model Taba,

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arninuddin. 1ge7. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. CV Sinar Barn,

MaIang.

Arikunto, S. 1989. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik: ·PT. Bina Aksara, J akarta.

Ary, D., L. C. 1. dan Rezavich A. 1982. Instruction to Research in Education Atau Pengantar Penelittan Pendidikan. Terjemahan Arief Furchan. Usaha Nasional, Surabaya

Atrnazaki. 1993. Analisis Sajak: Teori, Metodologi, dan Aplikasi. Angkasa, Bandung.

Brahim. 1967. Bahasa dan Kesusastraan Indonesia Sebagai Cermin Manusia Baru. Dalam Lukman Ali (Ed.), Pengajaran Kesusastraan Indonesia. hlm. 229-266. Gunung Agung, Jakarta.

Damono, S. D. 1978. Sosiologi Sastra Sebuah· Pengantar Ringkas. Depdikbud, Jakarta

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1994. Kamus' Besar Bahasa Indonesia. Edisi Kedua, Balai Pustaka, Jakarta

........... 1995. Kurikulum Sekolah Menengah Umum GBPP Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Depdikbud, Jakarta.

Dermawan, T. 1994. Apresiasi Puisi. FPBS IKIP Malang, Malang. Effendi, S. 1978 ..Bimbingan Apresiasi Puisi. Nusa Indah, Jakarta. Estell, M. 1984. Kritik Sastra Indonesia. Angkasa Raya, Padang.

Facbruddin 'A.E.. .1994. "Pembinaan Generasi Penerus Melalui Kegiatan Sastra". Makalah. FPBS IKIP Ujung pandang, Ujungpandang.

Gam, R. 1981. Pengajaran Apresiasi Puisi. Penetaran-Lokakarya Tahap II. Proyek Pengembangan Pendidikan Guru (P3G) Depdikbud, Jakarta

Hayati, A. dan Adiwardoyo Winarno. 1990. Latihan Apresiasi Sastra: Penunjang Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMIP dan SMT A. Y A3, Malang,

Jobrahim. (Ed.). 1994. Pengajaran Sastra. Pustaka Pelajaran, Yogyakarta,

Junus, U. 1985. Resepsi Sastra Sebuah Pengantar. PT Gramedia, Jakarta.

Kurniawan, K. 1995. "Pengajaran Bahasa Indonesia Kaitannya dengan Program Pendidikan di Lembaga Pendidikan Tenaga Keguruan". Makalah. Seminar Nasional V HPBI. FPBS IKIP Yogyakarta, Yogyakarta

Luxemburg, J. V., dkk. 1987. Overliteratuur. A/au tentang Sastra. Terj. Akhadiati Ikram. Intermase, Jakarta

Moleong, L. J. 1994. Metodologi Penelitian Kualitatif PT Remaja Rosdakarya, Bandung.

Moody, H. L. B. 1979. The Teaching of Literature with Special Reference Developing Countries. Longman Group LDT, London.

Nurgiantoro, B. 1998. Teori Pengkajian Fiksi. Gajah Marla University Press, Y ogyakarta.

Oemaryati, B. S. 1980. Pengajaran Sastra Indonesia dan Pembinaan Apresiasi Sastra do/am Setengah Abad Bahasa Indonesia. ldayus, Jakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.