Efektivitas Strategi Belajar Tuntas Materi PKLH dalam Mata Pelajaran Biologi: Penelitian Eksperimen di SMUN 2 dan SMUN 3 Kota Palopo

Muhammad Ilyas

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara hasil belajar materi PKLH yang diajar dengan strategi belajar tuntas dengan hasil belajar materi PKLH yang diajar dengan metode belajar konvensional di SMUN 2 dan SMUN 3 Palopo. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa hasil belajar materi PKLH siswa yang diajar dengan strategi belajar tuntas lebih tinggi dibanding hasil belajar materi PKLH siswa yang diajar dengan metode belajar konvcnsional yang ditunjukan oleh hasil analisis deskriptif dan inferensial: 111 = 24,53 > f.l.2 = 20,16 dan thilung= 11,84 > tt.bcl = 1,67 pada taraf signifikansi a. =
0,05. Penemuan penelitian di atas mengindikasikan
reinforcement dan kunjungan lapang dapat meningkatkan hasil belajar materi PKLH siswa melalui upaya penerapan strategi belajar tuntas.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Sudjana, Nana, dkk. 200 I. Penelitian dan Penilaian Pendidikan.

Bandung: Sinar Barn Algensindo.

Suaedi. 1993. Pengaruh Strategi Belajar Tuntas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pad a Pokok Bahasan Peluang Siswa Kelas II SMP Negeri 5 Ujung Pandang. Skripsi tidak diterbitkan. Ujung Pandang: PMIPA lKIP.

Syah, Muhibbin. 1997. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan

Barn. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tantu, Hammado. 1987. Penerimaan Pola Keluarga Kecil Sebagai Hasil Pendidikan Kependudukan yang Diintegrasikan Ke dalam Pelajaran Agama Islam DilihatĀ· Dari Sudut Lingkungan Masyarakat, dan Jenis Kelamin Remaja (Studi Eksperimen pada Kelompok Remaja Masjid Raya Limbung dan Nurul Huda di

Sulawesi Selatan tahun 1985 - 1986). Desertasi tidak s r:.' diterbitkan. Jakarta: PPs IKIP.

Tilaar, H, A, R. 2000. Paradigma Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Yusuf, Maftuchah. 2000. Pendidikan Kependudukan dan Etika

Lingkungan. Jakarta: Lembaga Studi dan Inovasi Pendidikan


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.