ALIH KODE DAN CAMPUR KODE ANTARA GURU DAN SISWA SMA NEGERI 3 PALOPO

Suparman Suparman

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan alih kode dan campur kode antara guru dan siswa SMA Negeri 3 Palopo. Hasil analisis data penelitian yang telah dikemukakan dalam pembahasan yang sebelumnya, dapat diperoleh simpulan bahwa bentuk alih kode dan campur kode sering digunakan guru dan siswa SMA Negeri 3 Palopo dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Siswa dan guru sering melakukan peralihan bahasa dari bahasa Indonesia kebahasa daerah begitu juga sebaliknya. Bentuk alih kode yang ditemukan peneliti di lapangan, yaitu bentuk alih kode intern yang mana terjadi, peralihan dari bahasa Indonesia, kebahasa daerah atau sebaliknya, sedangkan campur kode yang terjadi, yaitu percampuran atau penyisipan kata-kata bahasa daerah kedalam percakapan bahasa Indonesia, baik disengaja atau pun tidak disengaja. Bentuk campur kode yang didapatkan oleh peneliti, yaitu berupa bentuk campur kode kedalam pencampuran bahasa Indonesia dengan bahasa daerah (Tae). Hal ini terjadi karena kebiasaan guru dan siswa menggunakan bahasa daerahnya masing-masing, sehingga tejadinya alih kode dan campur kode dalam percakapan di lingkungan sekolah.

Kata Kunci


Alih Kode, Campur Kode

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Aslinda. dan Syafyahya, Leni. 2007. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung : Refika Aditama. Bua, Tami Rombe. 2016. Alih Kode dan Campur Kode Siswa SMPN 4 Masamba Kabupaten Luwu Utara. Skripsi: Universitas Cokroaminoto Palopo.

Chaer, Abdul dan leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta : Rineka Cipta Effendi, Rustam. 2014. Alih Kode dan Campur Kode dalam Masyarakat Indramayu. Jurnal Pendidikan, Vol. III, No. 17, September 2014. Hudson, R. A. 1980. Sosiolinguistisc. Cambridge Universitas Press KD, Mutmainna. 2015. Alih Kode dan Campur Kode dalam Interaksi Masyarakat Desa Salutubu Dusun To’Bakkun Kec. Walenrang Utara Kabupaten Luwu. Skripsi: Universitas Cokroaminoto Palopo. Mustikawati, Diyah Atiek. Alih Kode dan Campur Kode antara Penjual dan Pembeli (Analisis Pembelajaran Berbahasa Melalui Studi Sosiolinguistik). Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 3, No. 2, Juli 2015. Rhosyantina, Laura is. 2014. Alih Kode, Campur Kode dan interferensi dalam peristiwa tutur penjual dan pembeli di ranah pasar tradisional cisanggarung losari kabupaten brebes. Skripi: Universitas Negeri Yogyakarta. Rulyandi, Rohmadi, Muhammad, dan Sulistyo, Edi Tri. Alih Kode dan Campur Kode dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jurnal Pendidikan, Jilid 17, Nomor 1, Februari 2014, ISSN 1026-4109. Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif & R & D. Penerbit Alfabeta Bandung Suparmo. 2002. Teori dan aliran Linguistik. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada. Suwito. 1985. Pengantar Awal Sosiolinguistik dan Problema. Bandung : Angkasa




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.4.1.2018.1412

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##