ANALISIS FEMINISME RADIKAL NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI

Mawaddah Mus, Suparman Suparman

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur feminisme radikal yang terdapat pada teks-teks di dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Deskriptif analisis merupakan metode yang mendeskripsikan fakta-fakta dan kemudian disusul dengan analisisnya. Fakta-fakta yang dideskripsikan berupa teks feminis yang terdapat pada novel Ronggeng Dukuh Paruk secara logis. Bentuk feminisme tersebut dianalisis melalui aspek gender. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat unsur feminisme radikal dalam novel Ronggeng Dukuh Paruk yang ditinjau dari aspek ketidakadilan gender, diantaranya: pertama, dari segi subordinasi yang dialami tokoh utama berupa tidak adanya kesempatan dalam memilih dan memutuskan jalan hidupnya. Kedua, stereotip yang dialami tokoh utama, menunjukkan bahwa posisi perempuan dianggap rendah karena pemberian label negatif dari masyarakat terutama kaum laki-laki. Ketiga, tindakan kekerasan yang dialami tokoh utama berupa kekerasan fisik, pelecehan seksual, pelacuran, kekerasan verbal, dan kekerasan terselubung. Keempat, beban ganda yang tergambar pada novel menunjukkan bahwa posisi perempuan tidak hanya bertanggung jawab dalam satu peran, melainkan menjalani peran lebih dari satu dalam kehidupannya. Kelima, dari segi eksploitasi ekonomi dialami tokoh utama sejak kecil untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan masyarakat Dukuh Paruk. Keenam, ketidakadilan gender di lingkungan sosial yang dialami tokoh utama berupa pembatasan peran dan pengucilan dari masyarakat.

Kata Kunci


feminisme radikal, gender, novel

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Djajanegara, S. 2000. Kritik Sastra Feminis; Sebuah Pengantar. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Endraswara, S. 2008. Metodologi Penelitian Sastra; Epistimologi, Model, Teori, dan Aplikasi (Edisi Revisi). Yogyakarta. MedPress (Anggota IKAPI).

Fakih, M. 2013. Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta. Balai Pustaka.

Sugihastuti. 2009. Rona Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sugihastuti. Itsna H. 2007. Gender dan Inferioritas Perempuan. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Sugihastuti. Suharto. 2010. Kritik Sastra Feminis, Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Syuropati, M.A. & Soebachman, A. 2012. 7 Teori Sastra Kontemporer & 17 Tokohnya. Yogyakarta. IN AzNa Books.

Tarigan, H.G. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung. Angkasa Bandung.

Tohari, A. 2016. Ronggeng Dukuh Paruk. Jakarta. Gramedia Pustaka Utama.

Wartama, G. 2015. Analisis Nilai Feminisme dalam Novel “Tuhan Izinkan Aku Jadi Pelacur” Karya Muhidin M. Dahlan. Skripsi Tidak Diterbitkan. Palopo. FKIP-UNCP.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2017.909

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##