KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI MEDIA ANIMASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 07 PALOPO

Nikma Putri Sulistia Ningsi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan narasi melalui media animasi siswa kelas VIII SMP Negeri 07 Palopo. Desain Penelitian pada hakikatnya merupakan teknik penelitian guna memperoleh data dan simpulan yang jelas. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan jumlah siswa kelas VIII terdiri atas 6 kelas sebanyak 193 siswa dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 07 Palopo. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random Sampling, yakni digunakan jika populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster. Data dianalisis dengan menggunakan teknik statistik sederhana berdasarkan keantusiasan siswa dalam belajar. Hasil pengolahan data diketahui bahwa sampel yang mendapat nilai ≥70 (sama dengan atau lebih dari 70) sebanyak 17 orang atau 70,83%. Sedangkan sampel yang mendapat nilai <70 (kurang dari 70) sebanyak 7 atau 29,17%. Hasil tersebut sebanyak 70,83% yang telah memenuhi kriteria (mampu). Namun secara klasikal penelitian ini belum dianggap mampu karena belum memenuhi standar kriteria ketuntasan klasikal yaitu 85%.Berdasarkan hasil tersebut penulis menyarankan kepada guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 07 Palopo agar lebih meningkatkan pembelajaran bahasa Indonesia sehingga hasil belajar siswa lebih meningkat. Selanjutnya bagi siswa agar menanamkan sikap positif terhadap pembelajaran bahasa Indonesia dengan mempertahankan cara belajarnya dengan baik.

Kata Kunci


menulis, karangan narasi, media animasi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Akhadiah, S. 1997. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa. Erlangga. Jakarta.

Ariesti, H. 2002. Animasi dengan Macromedia Flash Actionsricpt. PT. Salemba Infotek. Jakarta.

Arikunto, S. 1998. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta. Jakarta.

Arsyad, A.2002.Media Pembelajaran. Grafindo. Jakarta.

Keraf, G. 2007. Argumentasi dan Narasi. PT. GramediaPustakaUtama. Jakarta.

Nurudin. 2007. Dasar-dasar Penulisan. Universitas Muhammadiyah Malang. Malang.

Nursisto. 1995. Penuntun Mengarang. Adicta. Yogyakarta.

Sadiman, A S. dkk. 2006. Media Pembelajaran: Pengertian dan Pemanfaatannya. Raja GrafindoPersada. Jakarta

Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Angkasa Raya. Padang.

Sundayana, R. 2007. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 1997. Metode Pengajaran. Sinar Baru Algesindo. Bandung.

Tarigan, H G. 1982. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Angkasa Jaya. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2017.910

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##