DESKRIPSI KINERJA GURU BAHASA INDONESIA SMP NEGERI 5 SEKO KECAMATAN SEKO KABUPATEN LUWU UTARA

YUSUF TIBIAN PALILI’

Sari


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja guru Bahasa Indonesia SMP Negeri 5 Seko Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Seko Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara dengan metode deskriptif kualitatif, cara pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik melalui tabulasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dalam penggunaan atau pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah yang dilakukan oleh guru cukup berpengaruh terhadap kinerja guru yang ada pada setiap tingkat pendidikan, ketersediaan fasilitas kerja yang lengkap serta dengan perkembangan yang dapat mendukung setiap pekerjaan, sehingga terlaksana secara efektif. Rehabilitasi bangunan sekolah dan pengadaan sarana penunjang dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran, meningkatkan mutu pendidikan di daerah terpencil khususnya di Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara dan diharapkan dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan itu dapat disimpulkan bahwa deskripsi kinerja Guru SMP Negeri 5 Seko Kecamatan Seko Kabupaten Luwu Utara, belum maksimal karena sarana dan prasarananya belum memadai, oleh sebab itu, semakin lengkap sarana dan prasarana sekolah maka akan semakin menghasilkan kinerja guru yang lebih tinggi.

Kata Kunci


deskripsi, kinerja guru

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Arikunto. 1991. Organisasi dan Administrasi Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Grafindo Persada: Jakarta.

Bafadal, Ibrahim. 2013. Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah, Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasi, Bumi Aksara: Jakarta.

Davies, John. 2001. Perilaku Organisasi, Terjemahan Agus Darma. Erlangga: Jakarta.

Daryanto, M. 2006. Administrasi Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Gie Liang, The. 2000. Adminidrasi Perkantoran Modern. Liberty: Yokyakarta.

Mangkunegara. 2004. Evaluasi Kinerja. Raja Grafindo Persada: Jakaarta.

Mulyasa, E. 2004. Manajemen Berbasis Sekolah. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Maria. 2013. Sarana dan Prasara Pendidikan. Jurnal Administrasi Negara. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Mulawarman.

Nurdin, H. Syarifuddin. 2005. Guru Profesional dan Implementasi. Quantum Teaching: Jakarta.

Nurasa, Heru. 2011. Transformasi Administrasi Negara. Falsafa: Jakarta Pusat.

Pidarta, Made. 2000. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Get I. Buki Aksara: Jakarta.

Pasolong, Harbani. 2011. Administrasi Publik. Alfabeta: Bandung.

Qusmatika. 2013. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan 2 Turen Kabupaten Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang.

Raharjo, Dawan. 2000. Keluar dan Kemelut Pendidikan Nasional: Jakarta.

Riswan. 2015. Peran Kepala Sekolah dalam Mengelola Sarana Prasarana Pendidikan di SMA Annur Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Usman Moh, Uzer. 2008. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Yahya Moh. Mustafa. 2011. Hipotesis, Jurnal Pengetahuan Umum, Unuversitas Negeri Makassar: Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.30605/onoma.2016.932

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by4.footer##