IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA MATA KULIAH GEOMETRI TRANSFORMASI

Sukmawati Sukmawati, Jumarniati Jumarniati, Ary Herlina Kurniati

Sari


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan proses pembelajaran pada mata kuliah Geometri Transformasi berbasis lesson study. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV kelas C, tahun akademik 2016/2017. Model pembelajaran yang diterapkan adalah model Investigasi kelompok, dimulai dengan tahapan orientasi masalah, penyusunan konjektur, pemecahan masalah (penyelidikan), dan penarikan kesimpulan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) ,dan refleksi (see) yang memfokuskan pada aktivitas dan kemampuan mahasiswa. Proses penelitian mengikuti tahap-tahap: (a) menetapkan materi ajar, (b) menyusun instrumen pembelajaran, (c) merencanakan skenario pembelajaran (plan), (d) melakukan aktivitas pembelajaran (do), (e) menganalisa data hasil pembelajaran, (f) mereview aktivitas dan hasil belajar (see) (g) menarik kesimpulan. Hasil yang dicapai pada penelitian ini meliputi; (a)Aktivitas penyelidikan (investigasi) membutuhkan penguasaan materi prasyarat yang matang, menuntut setiap mahasiswa untuk memiliki pengetahuan konsep yang mendalam dan pengetahuan prosedur yang sistematis, (b) Lesson study memberikan gambaran kepada dosen tentang pemetaan kemampuan mahasiswa secara menyeluruh, membiasakan dosen untuk selalu memikirkan susunan konsep yang diajarkan secara hierarkis, untuk selanjutnya dituangkan dalam bentuk rencana pembelajaran yang relevan, (c) Lesson study memungkinkan para dosen untuk memperhatikan motivasi dan iklim sosial, yaitu faktor-faktor yang mungkin turut berkontribusi terhadap kesuksesan akademis mahasiswa dalam jangka panjang, (d) Lesson study memungkinkan para dosen untuk memperoleh masukan yang langsung dapat diterima, sesuai dengan kondisi mahasiswa saat itu, dan berdasarkan observasi terhadap keadaan nyata pembelajaran.

Kata Kunci: Lesson Study, Geometri Transformasi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Dirjendikti kemendiknas, 2010. (Lesson Study Dissemination Program for Strengthening Teacher Education in Indonesia – LEDIPSTI).

Maryam, Siti. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Investigasi Kelompok Pada Pembelajaran Kubus dan Balok Di Kelas VIII A MTs Alkhairaat Biromaru.Skripsi tidak diterbitkan. Palu: FKIP UNTAD

Santyasa, I Wayan. 2007. Model-model Pembelajaran. (Online), (http://freewebs.com, diakses 20 Februari 2017)

Setiawan. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta: Pusat pengembangan dan penataran guru matematika


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.