PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X.C OTOMOTIF SMK NEGERI 4 LUWU

Yenti Yenti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X.C SMK negeri 4 Luwu melalui penerapan model problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di kelas X.C SMK negeri 4 Luwu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, hasil observasi selama kegiatan pembelajaran menggunakan lembar observasi aktivitas guru dalam menerapkan model problem based learning, lembar observasi keaktifan siswa, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X.C otomotif SMK negeri 4 Luwu mengalami peningkatan dengan menggunakan model problem based learning. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya, dengan persentase jumlah siswa yang tuntas atau yang mencapai kriteria ketuntasan minimum (KKM) lebih dari 80% dan rata-rata hasil belajar matematika siswa lebih dari 70. Hasil evaluasi pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai diatas KKM ada 28 (87,5 %) dengan rata-rata sebesar 77,86, sedangkan hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai diatas KKM ada 29 (90,63 %) dengan rata-rata sebesar 79,53.

Kata kunci: Hasil belajar matematika, Problem based learning

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Ashari, N. W., & Salwah. (2018). Problem Based Learning untuk Meningkatkan Self Directed Learning dalam Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru: Suatu Studi Literatur. Proximal Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, Volume 1, Nomor 2 Tahun 2018, 24-31.

Fitri, R., Helma, & Syarifuddin, H. (2014). Penerapan Strategi The Firing Line pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batipuh. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014, 18-22.

Ilyas, M. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Bilangan Bulat Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Journal of Mathematics Education Volume 3, Nomor 1 tahun 2018, 77-89.

Ma'rufi, Pasandaran, R. F., & Yogi, A. (2018). Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2, Agustus 2018, 56-67.

Mulyaningsih. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan melalui Metode Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bojong Semester I Tahun Pelajaran 2014/2015. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan Volume 03 No 02 November 2016, 166-179.

Nuraini, F. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. e-jurnal mitra pendidikan Volume 1, Nomor 4 Tahun 2017, 369-379.

Nurizzati, Y. (2014). Ketertolakan Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas . Jurnal Edueksos Volume 3, Nomor 1, Tahun 2014, 135-152.

Susana, A. (2015). Penerapan Metode Problem-Based Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa . Jurnal Buana Matematika, Volume 5, Nomor 1, tahun 2015 , 9-13.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.