PERMAINAN SENTENCE RACE DALAM MENGAJAR MENULIS TEKS DESKRIPTIF PADA SISWA SMA DI MAKASSAR

Nurfitriyah Halim, Esarsela Soemodja

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah dengan menggunakan permainan Sentence Race dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis deskriptif pada siswa kelas dua SMA Frater Makassar. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen pada satu kelas yang diberikan tes awal, perlakuan, dan tes akhir. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas dua SMA Frater Makassar dan sampelnya adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 32 siswa dengan menggunakan sampel perwakilan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis deskriptif meningkat. Hal itu dibuktikan dengan besarnya nilai rata-rata pada post-test dibandingkan dengan pre-test (73.031 > 50.062). Hasil dari t-uji lebih besar dari t table (18.091 > 2.040) pada tingkat signifikan 0.05 dengan derajat kebebasan (df) = 31. Berdasarkan pada temuan dan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan Sentence Race efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas dua SMA Frater Makassar.
Kata Kunci: Kemampuan Menulis Deskriptif, Permainan Sentence Race.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Al Zaabi, Haifa Rashed. 2007. The Use of Memory and Guessing Games in Teaching Vocabulary to Young Learners. At http://marifa.hct.ac.ae/2007/721 . Downloaded at 08.00 pm on April 3rd 2016.

Harmer, Jeremy. 1991. The Practice of English Language Teaching.New York; Longman. New ed.

Hadfield, Jill. 1998. Elementary Vocabulary Games. Harlow; Pearson Education Ltd.

Jacobs, H. Z, A Stephen, M. R. Reanna, H. V. Faye, H. B. Jane. 2003. Testing ESL Composition Profiles, A Practical Approach. Massaachussets: New Burry House Publisher.

J-B, Thomas D. 2005. Games and Activities for ESL/EFL Classroom: A Project of Internet TESL Journal.

Masdjamiah. D. J. 2000. Using Strips Pictures to Guided Students to Write English Paragraph. A Thesis Makassar; FBS UNM Makassar.

Sinung, Nursalam Aji. 2010. Improving Writing Skill of the Second Semester Students of STKIP YPUP through Brainstorming Technique. A Thesis of STKIP-YPUP Makassar.

Whitman, Randal L. Yeager, Edward. & Crane, L. Ben. 1981. An Introduction to Linguistics. New York; Little, Brown & Company (London) Limited.

Yuliani, Tri. 2007. The Use of Picture as Media in Writing a Descriptive Text in the Case of year VII Students of SMP N 1 Tarub, Tegal in the Academic Year of 2006/2007. Barchelor Thesis, Semarang; UNNES.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.