PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI SMA NEGERI 1 WALENRANG

Megawati Megawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Walenrang setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, (2) hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Walenrang setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), (3) perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Walenrang antara yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian adalah eksperimen semu dan telah terlaksana di SMA Negeri 1 Walenrang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa yang terdiri dari posttest dan lembar keterlaksanaan strategi pembelajaran. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik porposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar matematika siswa kelas XI/4 SMA Negeri 1 Walenrang setelah di ajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dikategorikan sedang, (2) hasil belajar matematika siswa kelas XI/2 SMA Negeri 1 Walenrang setelah di ajar dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dikategorikan sedang, (3) hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw tidak jauh lebih efektif dari pada model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT).

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Bahtiar, Gani Abdul.2015. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melaluii Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Pada Materi Pokok Garis Dan Sudut Di Kelas VII MTs Lukman Hakim Samarinda. Samarinda; Universitas Mulawarman. Diakses 8 februari 2017

Djamarah, Saiful Bahri. 2008. Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta

Fitri Rahma, dkk. 2014. Penerapan Strategi The Firing Line Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Xi Ips SMA Negeri 1 Batipuh. Volume 3 No. 1 Hal 18-22. FMIPA UNP.

Hajira. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Poo Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMPN 10 Palopo.Skripsi. Palopo: Skripsi Tidak diterbitkan. FKIP UNCP.

Herdian.2009. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT. Pagelaran

Istisrokah. 2013. Proposal Pendidikan Eksperimen. (Online). Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/19165/1/7101408239.pdf.

Majid Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Pagerti, Budi. 2015. Pengaruh pembelajaran tutor sebaya terhadap motivasi belajar, minat belajar dan hasil belajar matematika. Jurnal pendidikan Indonesia: Guru MAN Model Sorong.

Rahmawati. 2012. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered HeadTogether (Nht) Dan Jigsaw SMP Swasta Karya Indah Tapung. Riau Pekanbaru; Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Rosyad M.Fahmi. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dengan Tipe Jigsaw Di SMKN 1 Jetis Mojokerto. volume 3, No 1, Surabaya; Universitas Negeri Surabaya.

Sari Dyah Khoirina. 2011. Model Pembelajaran Kooperatif. (Online). Tersedia: http://lib.unnes.ac.id/968/1/7356.pdf.

Diakses 22 Januari 2017

Sidik Amelia. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TipeTeam Assisted Individualization (TAI) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V SDI Ummul Quro Bekasi.Jakarta; Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Setyowati. 2014. Perbandingan Hasil Belajar Matematika Antara Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dengan Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok Kelas Viii Smp Negeri 1 Srono Tahun Ajaran 2013/201. Jember; Universitas Jember.

Sulistiyaningrum, Ervina. 2010. Perbandingan Model Kooperatif.(Online). Tersedia: https://dglib.uns.ac.id/...=/Perbandingan-model-kooperatif-tipe-jigsaw-dan-stad-stude

Diakses 8 februari 2017

Sugiarti, dkk. 2015. Perbedaan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dan Jigsaw Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Pada Siswa SMA (Studi Kasus di SMA Karangtaruna Semarang). Semarang; Fakultas Psikologi Universitas Semarang.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan (Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Alfabeta. Bandung.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.