DESKRIPSI KESULITAN BELAJAR GEOMETRI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO

Muhammad Ali Hanafi

Sari


Geometri merupakan salah satu cabang matematika yang bersifat abstrak. Oleh karena sifatnya yang abstrak, maka diperlukan pemahaman dan penalaran konsep yang baik. Hal ini mengakibatkan mahasiswa yang memiliki pemahaman konsep yang rendah mengalami kesulitan dalam belajar geometri. Fenomena seperti ini terjadi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2008/2009. Berdasarkan fenomena tersebut, maka penelitian ini berusaha mendeskripsikan kesulitan belajar geometri yang dialami oleh mahasiswa tersebut. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesulitan belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2008/2009 pada mata kuliah geometri yang sebagian besar memiliki nilai cukup rendah. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes berupa tes tertulis (essay). Populasi dalam penelitian adalah semua mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo yang terdiri dari empat kelas. Pemilihan sampel dilakukan dengan penyampelan acak (random sampling) sehingga terpilih sampel sebanyak 44 orang mahasiswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dengan memanfaatkan program SPSS pada komputer. Kesulitan belajar geometri mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo tahun akademik 2008/2009 termasuk kategori sangat tinggi dengan skor rata-rata sebesar 27,27 dari skor ideal 100 dan standar deviasi sebesar 7,81, serta dari 44 orang mahasiswa sebanyak 37 orang atau 84% memperoleh nilai 0 – 35. Hasil penelitian ini menunjukkan tingkat kesulitan belajar geometri mahasiswa berada pada kategori sangat tinggi.
Kata Kunci: geometri, kesulitan belajar, pendidikan matematika

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Abdurrahman, M. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Abdussakir. 2009. Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar (Online), 2(1). http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/madrasah/article/view/1832/pdf. Diakses pada 05 April 2010.

Djamarah, S. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Henle, M. 1969. Modern Geometries The Analytic Approach. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Jackson, P. W. 1992. Handbook of Reseasrch on Curriculum. New York: A Project of American Educational Research Association.

Kirk, S. A. dan Gallagher, J. J. 1986. Educating Exceptional Children 5th ed. Boston: Houghton Mifflin Company.

Lerner, J. 2000. Learning Disabilities-9th Edition. Boston: Houghton Mifflin Company.

Maas, M. 2004. Faktor - Faktor Kesulitan Belajar Akuntansi Siswa IPS SMAK BPK PENABUR Sukabumi. Jurnal Pendidikan Penabur No. 03/III/Desember 2004.

Madja, M. S. 1992. Perancangan dan Implementasi Perangkat Ajar Geometri SMTA. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Mardiyati, S. 1994. Penelitian Hasil Belajar. Surakarta: UNS.

Moeharti, H. W. 1986. Materi Pokok Sistem-Sistem Geometri. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nur’aeni, E. 2008. Teori Van Hiele dan Komunikasi Matematik (Apa, Mengapa, dan Bagaimana). Dalam Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. 2008, Tasikmalaya, Indonesia. Hal: 2 – 138.

Sia, T. 2001. Hubungan Antara IQ, EQ, dan QA dengan Prestasi Studi Pada Siswa SMU. Jurnal Anima Vol.17 no.1.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor - Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, W. 2006. Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryabrata, S. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Suryani, Y. E. 2010. Kesulitan Belajar. (Online), http://journal.unwidha.id/index.php/magistra/article/viewFile/96/56. Diakses pada 15 Oktober 2010.

Winkel, WS. 1997. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Weiner, IB. 2003. Handbook of Psychology. Vol 7 : Educational Psychology. New Jersey: John Wiley & Sons.

Yuliani. 2005. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Problem Posing pada Siswa Kelas I7 SMA Negeri 1 Sungguminasa. Skripsi, FMIPA UNM.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.