ANALISIS KERJA DAN AKTIVITAS MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MATERI LINGKUNGAN

Fitriyah Karmila, Ridha Yulyani Wardi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki secara terperinci aktivitas dan pekerjaan mahasiswa. Hasil penelitian ini dapat memberikan rekomendasi-rekomendasi untuk keperluan masa yang akan datang. Dalam penelitian ini, studi yang mendalam dilakukan terhadap kelakuan-kelakuan mahsiswa terhadap gerak-gerik mereka dalam melakukan tugas, penggunaan waktu secara efisien dan efektif, dan sebagainya. Data mengenai hal-hal yang ini diselidiki, kemudian dianalisis, diberikan interpretasi, dan diadakan generalisasi dalam rangka menetapkan sifat-sifat dan keriteria-keriteria pekerjaan yang baik. Objek penelitian ini adalah mahasiswa semester I (satu) prodi Pendidikan Biologi yang memprogramkan mata kuliah Biologi dasar. Jumlah peserta didik pada kelas Pendidikan Biologi A sebanyak 40 orang. Mahasiswa yang diadikan objek penelitian, diberikan tugas proyek berupa penyusunan laporan tentang lingkungan. Mahasiswa dibagi menjadi kelompok kecil yang terdiri atas 2 orang. Langah awal pembuatan laporan ini dimulai dengan studi literature yang dilaksanakan di perpustakaan kampus yang berada di Kampus II UNCP. Hasil dari penelitian ini diperoleh informasi bahwa mahasiswa lebih senang memperoleh informasi melalui internet dibandingkan membaca buku. Berdasarkan wawancara dengan mahasiswa, alasan efisiensi waktu yang lebih baik ketika menggunakan internet. Dalam hal pembagian kelompok, mahasiswa merasa lebih mudah bekerjasama dalam kelompok kecil yang berjumlah hanya 2 orang perkelompok. Alasannya mudah dalam komunikasi dan pembagian job/ tugas menjadi lebih mudah dan jelas. Tugas proyek yang diberikan kepada mahasiswa berupa pembuatan herbarium dari tanaman atau tumbuhan yang diteliti serta membuat laporan kegiatan.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Backer, D. 2011. Project Based Learning Using Information Technology. Pacific Education Institute and Association of Fish and Wildlife Agencies.

Baker, Trygg, Otto, Tudor, Fergusson. 2011. Project-based Learning Model, Ralevant Learning for the 21st Century. Pacific Education Institute (www.pacificeducationinstitute.org). Diakses tanggal 14 April 2016.

Churchill, D. 2011. Teaching: Making a Difference. Australia. John Wiley & Sons Publishing.

Fitzpatrick & McConnell. Tanpa tahun. Intentionally evaluating course and project design for achieving global contextual learning. Journal of Instructional Pedagogies.

Muslich, Masnur. 2011. Authentic Assessment: Penilaian Berbasis Kelas dan Kompetensi. 3Jakarta: Refika Aditama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.