ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PECAHAN DALAM BENTUK CERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 PALOPO

Iin Marsela

Sari


Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan, (2) mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan dalam bentuk soal cerita. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kelas VII.1 sebanyak 20 orang yang diberikan tes awal, setelah pemberian tes diambil 2 orang untuk wawancara dimana siswa yang di wawancara adalah siswa dengan nilai paling rendah dengan tingkat kategori kesalahan tinggi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis kesalahan. Berdasarkan hasil analisis data dalam menyelesaikan soal pecahan secara deskriptif diperoleh bahwa hasil tes siswa kelas VII.1 SMP Negeri 5 Palopo, sebagian besar kesalahan ini dilakukan karena kesalahan dalam perhitungan dan kesalahan dalam penggunaan prosedur penyelesaian soal serta kesalahan karena tidak menuliskan kesimpulan jawaban dari soal. Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri sebagai instrumen utama yang dipandu oleh tes pemecahan masalah dan pedoman wawancara yang valid. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara. Faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pecahan yaitu: (a) siswa tidak menghafal perkalian dan siswa salah memasukkan data, (b) siswa kurang memahami dan merespon soal sehingga tidak tepat menuliskan diketahui dan ditanyakan, dan (c) siswa kurang teliti dalam perhitungan hasil akhir sehingga mengalami kesalahan dalam penarikan kesimpulan (kesimpulan hilang).
Kata-kata kunci: analisis, kesalahan, matematika, kriteria rosyidi.

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Aqiila. 2012. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Identitas Trigonometri Kelas X.I Islam Sultan Agung I Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi.

Amalia Niswatin. 2015. Deskripsi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palopo dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Materi Teorema Pythagoras. Skripsi.

Arikunto, Suharsini. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta:PT. Rineka Cipta.

Bell. 1981. Teaching and Learning Mathematichs. Dubuque Lowo:Win.C.Broom Company Publisher.

Dr. Marsigit., M.A. 2009. Matematika 1 untuk SMP Kelas VII. Jakarta:Yudhistira.

Faizin, Nurul. 2011. Pengertian Matematika dan Hakikat Matematika. (online) http://pengertian-hakikat matematika.blogspot.com/ diakses tanggal 4 Mei 2015.

Harianto, Budi. 2011. Hakekat Matematika. (online) http://budiunm.blogspot.com/2011/12/hakekat-matematika.html diakses tanggal 4 Mei 2015.

Hudojo, Herman. 1997. Belajar Mengajar Matematika. Jakarta:Dirjen Dikti PPLPTK.

Lutfiana, Dian. 2011. Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal-soal pada Materi Pokok Suku Banyak kelas XI IPA 2 MA NU Limpung Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi.

Mulyasa, E. 2007. Implementasi Kurikulum 2004: Perpaduan Pembelajaran KBK. Bandung:Rosda.

Nasution, S. 1982. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Ningtias, D.E. 2011. Analisis Kesalahan dan Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Cerita yang Berhubungan dengan Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Negeri 20 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Sripsi.

Pamriuntad. 2012. Masalah Matematika. (online). http://p4mriuntad.blogspot.com/2012/11/masalah-matematika.html diakses tanggal 4 mei 2015.

Polya, G. 1957. How to Solve It. A New Aspect of Mathematical Menthod (2nded). Princeton, New Jersey : Princeton University Press.

Pratiwi, Hartika Dwi. 2013. Makalah Hakekat Matematika. (online). http://hartikadwipratiwi.wordpress.com/ diakses tanggal 4 mei 2015.

Ramadhani, Sendi. 2012. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Posing Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa.

Rosyidi, Abdul Haris. 2005. Analisis Kesalahan Siswa Kelas II MTs Al-Khoiriyah dalam Menyelesaikan Soal Cerita yang Terkait dengan Sistem Persamaan Linear Dua Peubah. Tesis (Jurusan Matematika Fakultas MIPA UNESA).

Ruseffendi, E.T. 1991. Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung:Tidak diterbitkan.

Salamah, Umi. 2012. Matematika 1 untuk Kelas VII SMP dan MTs. Jawa Tengah:Global.

Sartin. 2005. Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Yang Memuat Pecahan Desimal. Tesis (Jurusan Matematika Fakultas MIPA UNESA).

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.

Suherman, Eman dan Winataputra. 2001. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta:Depdikbud.

Tadda, Marhamah. 2017. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Aljabar Berdasarkan Gender. Palopo:PPs Universitas Cokroaminoto Palopo.

Tampomas, Husein. 2005. Matematika 1 untuk SMP/Mts Kelas VII. Jakarta:Yudhistira.

Tim Penyusun KBBI. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia (edisi ketiga). Jakarta:Balai Pustaka.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.