UPAYA PENINGKATAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DI KELAS X TKR-A SMKN 1 MASAMBA

Jasman Jasman

Sari


Kemampuan siswa menguasai materi pelajaran fisika pada SMKN 1 Masamba pada umumnya rendah ditandai dengan rendahnya nilai hasil Ulangan Harian, Ujian semester dan Ujian Nasional bila dibandingkan dengan nilai mata pelajaran produktif, padahal fisika adalah mata pelajaran yang sangat menunjang mata pelajaran lain khususnya mata pelajaran produltif pada keahlian rekayasa. Untuk berupaya memperbaiki hal tersebut peneliti mencoba melakukan penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization dengan harapan dapat meingkatkan aktifitas belajar dan hasil belajar siswa sehingga dapat mengangkat prestasi belajar Fisika SMKN 1 Masamba. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMKN 1 Masamba Kelas X TKR-A dalam pembelajaran Fisika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada semester dua tahun Pelajaran 2016/2017. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 32 siswa kelas X TKR-A SMKN 1 Masamba semester dua tahun pelajaran 2016/2017. Hasil Penelitian dari siklus 1 sampai dengan siklus 2 menunjukkan adanya peningkatan rata-rata nilai Fisika.
Kata Kunci: Team Assisted Individualization, hasil belajar, kooperatif

Teks Lengkap:

Tidak berjudul

Referensi


Junaedi Ahmad dan Chairul Huda. 2010 Pembelajaran Kooperatif tipe Assisted Individualization

Supriyanto, 2011 Upaya Peninkatan Hasil Belajar melalui Peta Konsep


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.