INTERAKSI ANTARA PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DENGAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA
Abstract
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Pendekatan Open-Ended, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Awal Matematis
Full Text:
DOWNLOAD PDFReferences
Creswell, J. W. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitaif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nasution, E. Y. P. (2014). Meningkatkan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended: Penelitian Kuasi Eksperimen pada Salah Satu SMP Negeri di Kota Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
______. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Pendekatan Open-Ended. Inspiramatika, 3(1), 1-15.
Programme for International Student Assessment. (2015). First Results from PISA 2015: Executive Summary, www.oecd.org.
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Shimada, S. (1997). The Open-Ended Approach: A New Proposal for Teaching Mathematics. Reston, Virginia: NCTM.
Suherman E, Turmudi, Suryadi D, Herman T, Suhendra, Prabawanto S, Nurjanah & Rohayati A. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: FPMIPA UPI.
Sumarmo, U. (2013). Pengembangan Kemampuan dan Disposisi Berpikir Kritis dan Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika. FPMIPA: UPI.
Turmudi. (2012). Matematika: Landasan Filosofis, Didaktis, dan Pedagogis Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyudin. (2011). Matematika sebagai Pondasi untuk Membangun Karakter Bangsa. Slide Presentasi FPMIPA: UPI.
Wardani, S. (2011). Mathematical Cretivity and Disposition: Experiment with Grade-10 Students using Silver InquiryApproach. Japan: Gunma University.
________. (2011). Modul Matematika SMP Program Bermutu. Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMMS. Kementrian Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.