EFEKTIVITAS MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBASIS KOMPUTER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMK NEGERI 4 PALOPO

Tantri Febriana, Muhammad Ilyas, Fahrul Basir

Abstract


Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan teknik STAD. Satuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Palopo. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes uraian sebelum pembelajaran dan posttest setelah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi belajar siswa dan keterampilan mengajar guru, serta angket sikap dan respon siswa. Satuan eksperimen dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 4 Palopo dan yang menjadi perlakuan adalah siswa kelas XI TKJ SMK Negeri 4 Palopo tahun 2018/2019. Dalam penelitian ini pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan mengambil secara acak dan langsung satu kelas dari seluruh kelas XI yang ada di SMK Negeri 4 Palopo. Analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial sehingga diperoleh rata-rata hasil prestasi belajar siswa lebih baik setelah diterapkan model pembelajaran STAD.

Full Text:

Download PDF

References


Agus, Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Budiarjo, Lily (2008) Keterampilan Belajar. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Djamarah, M. (1989). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Goleman, Daniel. (2000). Working With Emotional Intelligence (terjemahan). Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

James dan James, Van. (1976). Mathematic Dictionary. Nosrand Riendhold.

Johnson dan Rising. (1972). Math On Call: A Mathematics Hanbook, Great Source Education Group, Inc.

Kline, (1973). Matematika SD. http:Pembelajaran Matematika disekolah dasar SD. Diakses tanggal 01 Mei 2012.

Nana Sudjana. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur Asma. (2006). Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.

Nurkencana, Wayan. (1982). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Reys, dkk. (1984). Dasar-Dasar Matematika Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdikarya.

Tinggih, Elea, (1972). Pengertian Matematik. Yogyakarta: Perpustakaan Digital Universitas Malang.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Surabaya: Kencana.

Wicaksono, Yogi. (2008). “Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan”. PT. Remaja Rosda Komputindo, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.