MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI GENRE

Heldita Sumbung, Marufi Marufi, Salwah Salwah

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan satu kelas dengan dua objek yaitu siswa laki-laki dan siswa perempuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan minat belajar matematika siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII8 SMP Negeri 8 Palopo. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa, tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket minat belajar matematika siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah ui-t. Hasil penilitian ini menemukan bahwa (1) tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pepecahan masalah matematis antara siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas VIII SMP Negeri 8 Palopo setelah diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievment Division (STAD), (2) tidak terdapat perbedaan peningkatan minat belajar matematika antara siswa laki-laki dan siswa perempuan setelah diajarkan dengan model pembelajaran tipe Student Team Achivment Division (STAD).

Kata kunci: Student Team Achievment Division (STAD), pemecahan masalah, minat belajar siswa, gender.

Full Text:

Download PDF

References


Nur dan Palobo. 2018. Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Pendidikan Matematika. Universitas Masamus. Marauke.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Mulia Mandiri Press. Bandung.

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer.Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UPI. Bandung.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan Edisi ke-5. Jakarta: Rajawali .

Sunarti, Y. 2018. Evektifitas Model Cooperatif Tipe Scrip Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Siswa Kelal VII SMP Kristen Rante Damai. Skripsi tidak diterbitkan. UNCP-Palopo

Triani, S. 2014. Perbandingan Minat Belajar Siswa Laki-laki dan Perempuan di SMP Negeri 9 kota Jambi. Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Jambi-Jambi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.