Pengaruh Kualitas Sistem terhadap Kepuasan Pengguna KRS On-Line Universitas Amikom Yogyakarta dengan Kualitas Informasi sebagai Mediating Variabel

R Ruhamah

Abstract


Sistem Informasi KRS On-line Universitas AMIKOM Yogyakarta merupakan sistem informasi akademis penunjang operasional layanan kemahasiswaan khususnya yang berhubungan dengan KRS, KHS dan transkip nilai mahasiswa. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis hasil kuesioner dari 100 responden dan instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan skala likert 5. Metode analisis data yang digunakan Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software Amos 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasaan mahasiswa sebagai pengguna sistem informasi KRS On-line dengan mengkaji faktor kualitas sistem, kualitas informasi, kegunaan yang dirasakan dan kepuasan mahasiswa, serta menggunakan variabel kualitas informasi dan kegunaan yang dirasakan sebagai variabel mediasi atau mediating variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa kualitas sistem tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasaan pengguna dengan nilai p = 0.659. sementara kualitas sistem memiliki pengaruh signifikan terhadap kualitas informasi dengan nilai p = 0.00. Kualitas Informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kegunaan yang Dirasakan dengan nilai p = 0.11. Selanjutnya, kualitas sistem tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kegunaan yang dirasakan dengan nilai p=0.16 tetapi memberikan pengaruhnya melalui kualitas informasi dengan pengaruh totalnya sebesar 0.703. Kualitas informasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasaan pengguna dengan p=0.393 tetapi memberikan pengaruhnya melalui kegunaan yang dirasakan dengan pengaruh totalnya sebesar 0.383.

Full Text:

Untitled

References


B. H. Wixom et al., “A Theoretical Integration Of User Satisfaction And Technology Acceptance” Information Systems Research, vol. 16, no. 1, pp. 85–102, 2005.

W. H. DeLone et al., “Information Systems Succes: The Quest for the Dependent Variabel” Information Systems Res, Vol 3, pp 60-95, 1992.

K. Yuliana, “Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean untuk Evaluasi Sistem Informasi Pos pada PT. Pos Indonesia (Persero) Divisi Regional VI Semarang” Jurnal INFOKAM, no. II Th. XII, pp13-23, 2016.

T. P. S. Riyanto, “Analisis Kesuksesan Sistem Informasi KRS On-Line Universitas Amikom Yogyakarta” Jurnal Teknologi Respati, Vol 13, No. 1, 2018.

S. Aswar., Validasi dan Reabilitasi Instrumen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

S. Singgih., Amos 22 untuk Structural Equation Modelling, Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2015

T.J.R. Sitinjak dan Sugiarto., LISREL, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.