Game Edukasi Matematika Berbasis Android

Akramunnisa Akramunnisa, Dianradika Prasti, Yustitin Sombo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran dalam bentuk game edukasi matematika berbasis Android. Pada penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ini dilakukan menggunakan metode waterfall yang secara bertahap dari observasi, pengumpulan data, Analisis dan perancangan, pembuatan sistem, implementasi dan penyusunan tugas akhir. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Aplikasi berbasis android ini menggunakan storyboard yang digunakan untuk memberikan gambaran alur pembuatan dan penggunaan aplikasi yang akan dibangun dan akan dijadikan  acuan bagi dalam membuat aplikasi. Perancangan aplikasi ini menggunakan Coreldraw, Microsoft Office 2007. Pembuatan aplikasi ini menggunakan software Adobe Flash CS6. Metode pengujian perangkat lunak yang digunakan yaitu pengujian Blackbox Testing Hasil dari penelitian ini diimplementasikan ke dalam bentuk aplikasi Android.


References


Amelia, F.R .2018. Game Edukasi Bahasa inggris berbasis Android. Skripsi tidak dipublikasikan.palopo. FTkom UNCP.

Arifin, Zaenal., Tri L., & Rina F. 2015. Membangun Game Petualangan Sejarrah Peninggalan Sunan Kudus Berbasis Android. Jurnal Prosiding SNATIF KE-2. Teknik Informatika, Universitas Muria Kudus. Diakses 23 Januari 2020.

Diana L. C dan Drave A. S. 2017. Analisa Dan Perancangan Game Edukasi Sebagai Motivasi Belajar Untuk Anak Usia Dini. Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Muria Kudus.

Fatmawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang (PhD Thesis). Universitas Negeri Semarang. Diakses pada tanggal 20 November 2019.

Hendini, A. (2016). Pemodelan Uml Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang (Studi Kasus: Distro Zhezha Pontianak). Jurnal Khatulistiwa Informatika, Diakses pada tanggal 23 Januari 2020.

Kevin, A. A. 2017. Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Simki-Techsain Vol 1, No 7 Tahun 2017. http://simki.unpkediri.ac.id/.Diakses 20 November 2019.

Muhsin, Arif. 2012. Mengenal Bilangan Bulat dan Operasinya.Jakarta Timur: PT Balai Pustaka (Persero).

Mursid, Yunus. 2015. Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Program Studi Ilmu Komputer FMIPA Universitas Mulawarman.

Purnomo, F.A., Eko H.P., & Firma S. 2016. Pembuatan Game Edukasi “Petualangan Si Gemul” sebagai Pembelajaran Pengenalan Daerah Solo Raya pada anak. Jurnal SIMETRIS, Vol.7 no 2.Universitas Sebelas Maret. Diakses 23 Januari 2020.

Sriharianti. 2019. Pengembangan Game Edukasi Matematika Dalam Bentuk Gambar Di Sdn 30 Rumaju.Skripsi Tidak Dipublikasikan. Palopo. Ftkom Uncp.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Kuanititatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Penerbit Alfabet

Yunus, M., Indah, F.A. & Khairina, D.M. 2015. Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Informatika Mulawarman. Vol 10 no. 2 . https://Game_Edukasi_Matematika_Untuk_Sekolah_Dasar.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.