Identifikasi Akuifer Air Tanah menggunakan Metode Geolistrik untuk Perencanaan Sumur Bor di Desa Garongkong Kabupaten Barru

Aryadi Nurfalaq, Rahma H Manrulu, Muhammad Adam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang adanya lapisan batuan pembawa air (aquifer), yang meliputi data tentang kedalaman, penyebaran vertikal serta mengetahui jenis air tanah di Desa Garongkong Kabupaten Barru. Metode yang digunakan adalah metode geolistrik konfigurasi Schlumberger dengan dilakukan sebanyak 2 lintasan dengan panjang lintasan 300 m. Hasil pengukuran geolistrik kemudian diolah menggunakan Res2dinv dan dimodelkan secara 3D menggunakan Voxler. Hasil interpretasi dengan geolistrik menunjukkan bahwa potensi air tanah ditemukan pada titik sounding GL-01 yang memiliki nilai resistivitas berkisar antara 49.1-181 Ωm diinterpretasi sebagai material pasir dan kerikil terendam air tawar dan pada lapisan ini memungkinkan mendapatkan sumber air tawar meskipun dalam jumlah yang sangat kecil dan terletak pada kedalaman berkisar antara 18,5-39,6 meter, material pasir dan kerikil ini diindikasi bersumber dari batuan vukanik berupa tufa pasiran, aglomerat dan breksi vulkanik yang ada di daerah penelitian. Sedangkan potensi air tanah dalam ditemukan pada titik sounding GL-02 memiliki nilai resistivitas berkisar antara 17.1-101 Ωm diinterpretasi sebagai material pasir dan kerikil terendam air tawar dan pada lapisan ini memungkinkan mendapatkan sumber air tawar meskipun dalam jumlah yang sangat kecil dan terletak pada kedalaman berkisar antara 18,5-39,6 meter material pasir dan kerikil ini diindikasi bersumber dari batuan vukanik berupa tufa pasiran, aglomerat dan breksi vulkanik yang ada di daerah penelitian.


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Muhammad. 2002. Pengetahuan Tentang Bumi. Makassar: UNM Press

Loke, M.H. 2004. Tutorial: 2D and 3D Electric Imaging Surveys. Malaysia: Penang.

Manrulu, R.M., Nurfalaq, A. 2017. Metode Geofisika (Teori dan Aplikasi). Kota Palopo: UNCP Press.

Nurfalaq, A., Putri, I. K., Manrulu, R. H. 2020. Pemetaan Akuifer Air Tanah Kota Palopo Provinsi Sulawesi Selatan Menggunakan Metode Geolistrik. Jurnal Geocelebes Vol. 4 No. 2, Oktober 2020, 70 – 78.

Santoso, Djoko. 2002. Pengantar Teknik Geofisika. Bandung: Penerbit ITB.

Telford, W.M., Geldart, L.P., Sheriff, R.E. 1990. Applied Geophysics. New York: Cambridge University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.