Rancang Bangun Sistem Informasi Kepegawaian Terintegrasi Sistem Informasi Manajemen Universitas Cokroaminoto Palopo

Dianradika Prasti, Syafriadi Syafriadi

Abstract


Kebutuhan akan penyajian informasi yang cepat dan akurat serta efesien saat ini sangat dibutuhkan, untuk menjawab itu dibutuhkan penggunaan teknologi informasi. Internet, website, komputer, mobile phone merupakan komponen utama dalam penyajian informasi dan pengelolaan data. Kehadiran era revolusi industri 4.0 secara tidak langsung memaksa organisasi baik itu perusahaan swasta, pemerintahan dan institusi pendidikan menggunakan teknologi informasi sebagai media pengolahan data tidak lagi hanya sekedar sebagai penyebarluasan informasi. Pada dasarnya penggunaan penggunaan teknologi informasi dalam organisas adalah untuk membantu memnjalankan sistem yang ada secara efektif dan efesien. Bagi organisasi atau perusahaan yang menggunakan Computer Based Informasi System (CBIS) atau Sistem Informasi Berbasis Komputer, memungkinkan komputer melaksanakan tugasnya dengan lebih cepat dan efisien serta dapat disajikan secara real time melalui jaringan internet. Universitas Cokroaminoto Palopo merupakan salah satu perguruan tinggi di Sulawesi Selatan yang terletak di Kota Palopo. Sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Kota Palopo Universitas Cokroaminoto Palopo senantiasa mengembangkan diri, memberikan layanan yang terbaik kepada masyarat. Untuk menjamin hal tersebut perlu ditunjang dengan penggunaan sistem informasi. Saat ini Universitas Cokroaminoto memilik Sistem Informasi Manajemen yang diberi nama SIMUNCP. Penelitian ini dilakukan guna merancang sebuah sistem informasi kepegawaian pada Universitas Cokroaminoto Palopo yang terintegrasi dengan basisdata SIMUNCP, sehingga memudahkan pihak terkait mengelola dan mendapatkan informasi kepegawaian.

 


Full Text:

PDF

References


Pavhlevi, M. R., & Syafariani, R. F. (2017). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI

KEPEGAWAIAN BERBASIS WEBSITE DI BAGIAN KEPAGAWAIAN SDN BINAKARYA I KABUPATEN GARUT. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 8(2), 553. https://doi.org/10.24176/simet.v8i2.1436

Hutahean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi - Jeperson Hutahaean - Google Books. Retrieved

February 27, 2019.

Khoiroh, M. (2018). SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN BERBASIS WEB DI PT. UTSG, 1(1), 9.

Tani, E., Bagre, B., & Adam, S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Kepegawaian PT Sederhana Karya Jaya Berbasis WEB, 5.

Zainal A. Hasibuan. (2007). Metode Penelitian Pada Bidang Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi. Jakarta: Universitas Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.