PERANCANGAN VIRTUAL PRIVATE SERVER MENGGUNAKAN PROXMOX PADA AMIK IBNU KHALDUN PALOPO

Dasril Dasril, Aishiyah Saputri Laswi, Andryanto Andryanto

Abstract


Server merupakan media yang memiliki peranan penting untuk menyediakan layanan akses internet bagi penggunanya. Agar jaringan bisa dimanfaatkan secara optimal maka diperlukan adanya server . Penelitian ini bertujuan untu kmerancang Virtual Private Server (VPS) dengan menggunakan Proxmox VE sebagai virtualisasi server di AMIK Ibnu Khaldun Palopo dan Pemanfaatan Virtual Private Server (VPS) untuk meningkatkan efektifitas server . Penelitian ini dilakukan solusi dengan menggunakan konsep virtualisasi yaitu penggunaan Proxmox untuk merancang server virtual yang dapat meminimalisir biaya serta maintenance dalam pengadaan hardware. Penggunaan sumbuer daya perangkat keras yang disediakan oleh mesin server belum digunakan secara optimal, sehingga dibutuhkan langkah yang efisien untuk mengatasi permasalahan ini. Hasil dari penelitian ini adalah penulis dapat merancang Virtual Private Server (VPS) dengan menggunakan Proxmox pada AMIK Ibnu Khaldun Palopo, sehingga dapat memudahkan dalam manajemen server , serta kemudahan dalam melakukan maintenance server , serta meringankan biaya pembelian server fisik pada AMIK Ibnu Khaldun Palopo.

Kata kunci: Virtual Private Server (VPS),Virtualisasi, Proxmox, Server , AMIK Ibnu Khaldun Palopo

Full Text:

Untitled

References


Agusdar. 2013. Metode Pengembangan Sistem Waterfall. Tersedia: https://agusdar.wordpress.com/2013/04/13/metode-pengembangan-sistem-waterfall/ [22 Agustus 2017].

Arfriandi, Arief. 2012. Perancangan, Implementasi, dan Analisis Kinerja Virtualisasi Server Menggunakan Proxmox, VM Ware, dan Openstack”.

Cornetta, Choir. 2015. Sumber Data, Metode dan Teknik Pengumpulan Data, Pengumpulan Data Kualitatif dan Skala Ukuran. Tersedia : http://www.academia.edu/4726733/SUMBER_DATA_METODE_DAN_TEKNIK_PENGUMPULAN_DATA_PENGUMPULAN_DATA_KUALITATIF_DAN_SKALA_UKURAN [21 April 2016].

Jariyah, Ainun. 2012 . Perbandingan Full Virtualization dan Paravirtualization Untuk Mendukung Efisiensi”. Skripsi Universitas Indonesia.

Musajid, Akrom, 2016 “Virtualisasi Open source Proxmox Virtual Environment”. “Proxmox Cloud Computing (Virtualisasi)”. E-Book.

Purbo, Onno W. 2012. Membuat Sendiri Cloud Computing Server Menggunakan Open source.

Puspanda, Hatta. 2011 “Optimalisasi Utilisasi Server Menggunakan Virtualisasi Server ”. Skripsi Universitas Sebelas Maret.

Sofana, Iwan. 2013. Membangun Jaringan Komputer, Mudah Membuat Jaringan Komputer (Wire & Wireless) Untuk Pengguna Windows Dan Linux.

Suryono, Tito. 2012 “Pembuatan Prototype Virtual Server Menggunakan Proxmox VE Untuk Optimalisasi Resource Hardware Di NOC FKIP UNS”.

http://www.jaringankomputer.org/server -fungsi-pengertian-jenis-jenis-komputer-server / [ 21 Agustus 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.