MEDIA PEMBELAJARAN PENGOLAHAN SAMPAH BERBASIS WEBSITE PADA KANTOR DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA PALOPO

Fitriani Fitriani, Asri Asri, Heliawaty Hamrul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan sebuah multimedia pembelajaran pengolahan sampah dengan menggunakan macromedia flash. Mengetahui tingkat kelayakan multimedia pembelajaran pengolahan sampah ditinjau dari aspek media dan materi. Metode penelitian yang dilakukan pada sistem ini adalah menggunakan metode wawancara dan observasi. Media pembelajaran ini dibuat dengan menggunakan aplikasi macromedia flash. Media pembelajaraan ini meliputi input informasi tentang Dinas Lingkungan Hidup, materi pengolahan sampah dan pemberian saran atau masukan mengenai kinerja Dinas Lingkungan Hidup. Perancangan sistem menggunakan perancangan Unified Modelling Languange (UML), yang terdiri dari use case diagram, activity diagram dan sequence diagram. Hasil pengujian dengan menggunakan metode black-box Media Pembelajaran Pengolahan Sampah Berbasis Website pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo yang telah dirancang dan dibangun bebas dari kesalahan sintaks dan secara fungsional berjalan dengan baik dan mengeluarkan hasil yang sesuai dengan yang diharapkan.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Macromedia Flash, Informasi

Full Text:

Untitled

References


Aditia, P, dkk. 2016. Perancangan Komik Edukasi Swakarya Pengelolaan Sampah Berbasis Web. Industri Kreatif. Vol. 03, Hal 1-51. Diakses 28 Desember 2016.

Falahudin Iwan. 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Vol 11,Hal. 104-117. Diakses 8 Januari 2017.

Paudia. 2013. Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle). Vol. 06, Hal. 165-182. Diakses 28 Desember 2016.

Prasetio Adhi. 2014. Buku Sakti Webmaster. Mediakita. Jakarta Selatan.

Wibowo Aristian. 2015. Program Bantu Pengelolaan Sampah dan Tabungan Berbasis Web Studi Kasus: Bank Sampah Gemah Ripah. Vol. 01, Hal. 1-65. Diakses 28 Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.